PELATIHAN PEMBUATAN ECO-ENZYME SEBAGAI INTEGRASI PEMBELAJARAN SAINS DALAM KEGIATAN P5 UNTUK GURU-GURU SAINS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.38613Keywords:
Eco-enzyme, P5 Training, Chemistry EducationAbstract
Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan dan potensi siswa. Salah satu implementasinya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dengan lingkungan sekitar. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep zero waste sekaligus memberikan keterampilan praktis kepada guru untuk mendekatkan siswa pada isu lingkungan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan. Hasil evaluasi dari 16 peserta menunjukkan respons positif terhadap pelatihan, dengan 100% peserta mengakui manfaat, kemudahan, dan relevansi materi pelatihan. Faktor utama keberhasilan adalah antusiasme peserta dan kerja sama yang solid antara tim pengabdi dan pihak sekolah. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pendidikan berbasis lingkungan dan pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka.References
Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(02), 91–108.
Candra, A., Taufik, A., Estiningsih, Bahranizha, I. N., & Choirunisa, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Dalam Rangka Meningkatkan Produktifitas Masyarakat Di Desa Cihujan Kabupaten Lebak. Pro Bono, 1(1). https://doi.org/10.1177/0040571X14559901
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id/
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.
Poompanvong, R. (2020). Modul Belajar Pembuatan Eco-Enzyme. Eco Enzyme Nusantara, 1–62.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613– 3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.
Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 177–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- jasmani/article/view/42154
Supriyani, Astuti, A. P., & Maharani, E. T. W. (2020). Pengaruh Variasi Gula Terhadap Produksi Ekoenzim Menggunakan Limbah Buah Dan Sayur. Seminar Nasional Edusainstek, 470–479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Erna, Lenny Anwar, Susilawati Susilawati, Asmadi M. Noer, Abdullah Abdullah, Putri Adita Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










