PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38578Keywords:
Pelatihan, Kompetensi Dosen, Dan PKMAbstract
Kegiatan Penguatan Kompetensi Dosen Dalam Pembuatan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaborasi Nasional Antar Perguruan Tinggi (Kolaborasi Universitas Negeri Surabaya Dengan Universitas Lambung Mangkurat Dan Universitas PGRI Banjarmasin, Kalimantan Selatan) merupakan solusi dari kurang Pengoptimalan serta Penguatan Kompetensi Dosen Dalam Pembuatan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaborasi Nasional Antar Perguruan Tinggi. Tujuan PKM yaitu: (1) Melaksanakan Pelatihan Dosen Dalam Pembuatan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaborasi Nasional Antar Perguruan Tinggi, (2) Merancang Terwujudnya Proposal Kolaborasi Universitas Negeri Surabaya Dengan Universitas Lambung Mangkurat dan Proposal Kolaborasi Universitas Negeri Surabaya dengan Universitas PGRI Kalimantan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan dengan metode workshop, pendampingan, dan project. Hasil dari pelatihana adalah mahasiswa dan dosen mitra menhasilkan Proposal Pengabdian kepada masyarakat (PKM) kolaborasi Nasioanl antar Perguruan tinggi yang siap untuk diajakukan di https://bima.kemdikbud.go.id. Dari kegiatan tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut. Kegiatan berjalan baik dan lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan, Kegiatan pendampingan secara umum berlangsung secara efektif, Pendampingan menghasilkan 10 Proposal Pengabdian kepada masyarakat kolaborasi Nasional antar perguruan tinggi yang siap untuk di laksanakan pada tahun 2025.Saran dari kegiatan yang telah dilaksanakan adalah masih perlunya kegiatan yang serupa kepada mahasiswa dan dosen mitra lainnya sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan pada kolaborasi seni budaya dengan kemasan yang lebih menarik dan efektif.References
Boardman, P. Craig, and Elizabeth A. Corley. 2008. “University Research Centers and the Composition of Research Collaborations.” Research Policy 37(5):900–913.
Cummings, Jonathon N., and Sara Kiesler. 2005. “Collaborative Research across Disciplinary and Organizational Boundaries.” Social Studies of Science 35(5):703–22.
Hoang, Dinh Tuyen, Ngoc Thanh Nguyen, Van Cuong Tran, and Dosam Hwang. 2019. “Research Collaboration Model in Academic Social Networks.” Enterprise Information Systems 13(7–8):1023–45.
Gregg Walker, “Collaborative Learning,” SAGE Encycl. High. Educ., 2020, doi: 10.4018/9781615209637.ch012.
Igli?, Hajdeja, Patrick Doreian, Luka Kronegger, and Anuška Ferligoj. 2017. “With Whom Do Researchers Collaborate and Why?” Scientometrics 112:153–74.
Katz, J. Sylvan, and Ben R. Martin. 1997. “What Is Research Collaboration?” Research Policy 26(1):1–18.
Landry, Réjean, Namatie Traore, and Benoît Godin. 1996. “An Econometric Analysis of the Effect of Collaboration on Academic Research Productivity.” Higher Education 32(3):283–301.
Pasian, Beverly, and Rodney Turner. 2015. Designs, Methods and Practices for Research of Project Management. Gower Farnham.
Smith, Barbara Leigh, and Jean T. MacGregor. 1992. “What Is Collaborative Learning.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indar Sabri, Setyo Yanuartuti, Djuli Djatiprambudi, Syaiful Qadar Basri, Muhammad Budi Zakaria, Surawijaya Surawijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










