KAJIAN PENINGKATAN TEHNOLOGI TEPAT GUNA UKM ANGKRINGAN DI MRANGGEN DEMAK

Authors

  • Fidyah Yuli Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang
  • Rokhmad Budiyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38286

Keywords:

Penyuluhan, Gerobak Angkringan, Pembimbingan, UMKM, Demak

Abstract

Usaha mikro dan kecil sekarang ini menjadi perhatian pemerintah. Pada RMJD Jawa Tengah tahun 2013-2018 untuk UMKM dalam kebijiakannya adalah perlu adanya pembimbingan dan pendampingan UKM.UKM dewasa ini mempunyai peluang bisnis yang luar biasa. Salah satu contoh bisnis kuliner yang cukup sukses adalah bisnis angkringan nasi kucing (https://www.maxmanroe.com/usaha-kecil-menengah.html).Diantara warung angkringan yang ada di Kabupaten Demak adalah warung angkringan “Mbak yanti dan “Bu Untung” ,  yang dari masa pandemi sampai sekarang ini  tergolong usaha yang masih bertahan.Dalam situasi ini dalam rangka membangkitkan  warung angkringan tetap bertahan dan  lebih bergairah lagi perlu kiranya diadakan program kemitraan yaitu pendampingan dan pemberian perhatian serta  bantuan pada aspek yang dibutuhkan UKM ini dapat meningkat dengan cara memberikan pendampingan berupa pembimbingan dan pembuatan gerobak karena tempat usaha angkringan yang ada sekarang ini masih jauh dari standar yang diperlukan.

References

Aaker, David. 2008. Strategic Market Management

Baker, M. 2008. The Strategic Marketing Plan Audit. ISBN 1-902433-99-8.

Brahmanthara, K. A., & Yasa, N. N. K. (2017, October). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. In Prosiding Seminar Nasional AIMI (Vol. 8,No. 1).

Creswell, J. W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. London, UK: SAGE Publisher.

David, F. R. 1997. Strategic Management. 1997.

Farris, P., Bendle, N., Pfeifer, P. and Reibstein, D. 2015. Marketing Metrics: The Manager's Guide to Measuring Marketing Performance. FT Press, Ch. 1.

Gupta, A. 2013. Environment & PEST analysis: an approach to the external business environment. International Journal of Modern Social Sciences, 2(1), 34-43.

Hanum, M. 2007. Kiat menekuni bisnis catering, warung tenda, angkringan. Absolut: Yogyakarta.

Homburg, C; Sabine K, Harley K. 2009. Marketing Management: A Contemporary Perspective (1st ed.), London.

Humphrey, A. 2005. SWOT analysis for management consulting. SRI alumni Newsletter, 1, 7-8.

Hussain, S., Khattak, J., Rizwan, A., & Latif, M. A. 2013. ANSOFF matrix, environment,

and growth-an interactive triangle. Management and Administrative Sciences Review, 2(2), 196-206.

Sancoko, A. H., & Rahmawati, V. (2019). Membangun Strategi Pemasaran UMKM Kuliner Kajian Fenomenologi Angkringan Di Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(2), 96-124.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2010

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Ernawati, F. Y. ., & Budiyono, R. . (2024). KAJIAN PENINGKATAN TEHNOLOGI TEPAT GUNA UKM ANGKRINGAN DI MRANGGEN DEMAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11653–11656. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38286