OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 TALIBURA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37579Keywords:
Optimalisasi; Penulisan; Karya IlmiahAbstract
Menulis merupakan keterampilan yang sering dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran. Melalui tulisan siswa dapat mengekspresikan gagasan yang tidak dapat disampaikan secara langsung. Tujuan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah yang sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan akademis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan secara klasikal dan individual. Proses yang dimulai dari pemilihan topik hingga penyusunan laporan penelitian memberikan dampak positif pada keterampilan menulis, berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa.References
Aulia, V., & Kuzairi, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menulis Esai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 350–359. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.220
Asmara, Y., Sarkowi, S., & Supriyanto, S. (2022). PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 128-135.
Husamah, H., Rahardjanto, A., Hadi, S., & Lestari, N. (2022). Pendampingan dalam pembinaan kelompok karya ilmiah remaja SMA Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 376-386.
Nasution EYP. Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika. Edumatika J Ris Pendidik Mat 2020;1:44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217.
Purnamasari, I., Hayati, Memi Noer, Yuniarti, D. 2020. PelatihanOenulisan Karya Tulis IlmiahuntukmendorongPeningkatanKualitasSiswa Tingkat SMA. Aksiologiya: JurnalOengabdianKepada Masyarakat.
Sutrisno S, Lestari M, Septiani NWP. Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Kelompok Tenaga Pendidik SMAN 5 Tanggerang Selatan. Kapas Kumpul Artik Pengabdi Masy 2022;1:30–6. https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1212.
Waruwu M. Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). J Pendidik Tambusai 2023;7:2896–910.
Safitri, B. R. A., Hatimah, H., & Indah, D. R. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. 3(2).
Suparsa, I. N., Mantra, I. B. N., Sukanadi, N. L., Susrawan, I. N. A., & Suwandi, I. N. (2023). A COMPREHENSIVE STUDY ON STUDENTS’ ESSAY WRITING SKILLS. International Journal of Social Science, 2(6), 2429–2434. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i6.5542
Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 06.
Suyono, S., Suhari, S., Lestari, B. B., Romadhon, R., Ardhana, N. F., & Rachmawati, Y. S. (2024). Optimalisasi Profesionalisme Guru-guru PPKn SMA Se-Kota Surabaya Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Cara Publikasi. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 1(3), 30-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Genoveva Dua Eni, Agustina Dua Kuki, Mansur S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.