OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 TALIBURA

Authors

  • Genoveva Dua Eni Universitas Nusa Nipa
  • Agustina Dua Kuki Universitas Nusa Nipa
  • Mansur S Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37579

Keywords:

Optimalisasi; Penulisan; Karya Ilmiah

Abstract

Menulis merupakan keterampilan yang sering dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran. Melalui tulisan siswa dapat mengekspresikan gagasan yang tidak dapat disampaikan secara langsung. Tujuan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah yang sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan akademis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan secara klasikal dan individual. Proses yang dimulai dari pemilihan topik hingga penyusunan laporan penelitian memberikan dampak positif pada keterampilan menulis, berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa.

References

Aulia, V., & Kuzairi, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menulis Esai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 350–359. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.220

Asmara, Y., Sarkowi, S., & Supriyanto, S. (2022). PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 128-135.

Husamah, H., Rahardjanto, A., Hadi, S., & Lestari, N. (2022). Pendampingan dalam pembinaan kelompok karya ilmiah remaja SMA Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 376-386.

Nasution EYP. Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika. Edumatika J Ris Pendidik Mat 2020;1:44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217.

Purnamasari, I., Hayati, Memi Noer, Yuniarti, D. 2020. PelatihanOenulisan Karya Tulis IlmiahuntukmendorongPeningkatanKualitasSiswa Tingkat SMA. Aksiologiya: JurnalOengabdianKepada Masyarakat.

Sutrisno S, Lestari M, Septiani NWP. Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Kelompok Tenaga Pendidik SMAN 5 Tanggerang Selatan. Kapas Kumpul Artik Pengabdi Masy 2022;1:30–6. https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1212.

Waruwu M. Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). J Pendidik Tambusai 2023;7:2896–910.

Safitri, B. R. A., Hatimah, H., & Indah, D. R. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. 3(2).

Suparsa, I. N., Mantra, I. B. N., Sukanadi, N. L., Susrawan, I. N. A., & Suwandi, I. N. (2023). A COMPREHENSIVE STUDY ON STUDENTS’ ESSAY WRITING SKILLS. International Journal of Social Science, 2(6), 2429–2434. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i6.5542

Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 06.

Suyono, S., Suhari, S., Lestari, B. B., Romadhon, R., Ardhana, N. F., & Rachmawati, Y. S. (2024). Optimalisasi Profesionalisme Guru-guru PPKn SMA Se-Kota Surabaya Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Cara Publikasi. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 1(3), 30-38.

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Eni, G. D. ., Kuki, A. D. ., & S, M. (2024). OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 TALIBURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12093–12096. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37579

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.