PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU EKONOMI KOTA PONTIANAK DAN KABUPATEN KUBU RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.37234Keywords:
Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Guru EkonomiAbstract
Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkualitas dan aplikatif dalam konteks pembelajaran sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh 31 Guru Ekonomi yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dari berbagai sekolah di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Metode pelatihan melibatkan empat tahapan: analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan dampak signifikan bagi peserta, dengan adanya peningkatan pemahaman tentang konsep dasar PTK, manfaatnya, serta langkah-langkah praktis dalam penyusunannya. Selain itu, peserta juga mengalami peningkatan keterampilan dalam menyusun proposal PTK yang sesuai dengan konteks kelas masing-masing. Diharapkan, guru peserta pelatihan dapat mengimplementasikan hasil ini di sekolah sehingga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah mereka masing-masingReferences
Alang, H., Khairillah, Y. N., & Syamsuri, S. (2024). Pelatihan Diversifikasi Olahan Mocaf menjadi Aneka Cemilan Pada Wanita Kelompok Tani Transmigran Di Desa Rasau Jaya. Jurnal ABDIRAJA, 7(2), 122–131. https://doi.org/10.24929/adr.v7i2.3673
Amin, M. Z. M., Rashid, R. A. B., & Teh, K. S. M. (2019). Investigating issues and challenges in employing action research for teacher training in Malaysian context. International Journal of Education and Practice, 7(1), 30–40. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.71.30.40
Ansari, E., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Sikap Optimisme Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi secara Online di Masa Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.21093/TWT.V9I1.4052
Asriati, N., Syamsuri, S., Wardani, S. F., Tairas, A., Wiwik, V., Lestari, T. A., Venny, S., & Tella, R. S. (2023). Edukasi Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Anugerah, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/ANUGERAH.V5I1.5568
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399
De Beer, J. (2019). Cultural-Historical Activity Theory (CHAT) as a Practical Lens to Guide Classroom Action Research in the Biology Classroom. American Biology Teacher, 81(6), 395–402. https://doi.org/10.1525/abt.2019.81.6.395
Hamdani, I. M., Syamsuri, Alang, H., & Adhalia H, N. F. (2023). Edukasi Mengenai Pentingnya Data Science Untuk Masa Depan. Jabb, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.46306/JABB.V4I1.313
Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70
Kartika, Y., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4505
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. In Introducing Critical Participatory Action Research (pp. 1–31). In Springer eBooks. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2_1
Khirat, M., Asriati, N., Syamsuri, S., Syahrudin, H., & Basri, M. (2024). The Influence of Entrepreneurship Knowledge, Industrial Work Practice and Self-Efficacy on Entrepreneurial Interest of Class XII BDP Students. Education Achievement: Journal of Science and Research, 5(3), 791–798. https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2073
Lacuba, S., Khosmas, F. Y., Syamsuri, S., & Syahrudin, H. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 665–673. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2798
Mills, K. A. (2018). What are the threats and potentials of big data for qualitative research? Qualitative Research, 18(6), 591–603. https://doi.org/10.1177/1468794117743465
Palobo, M., Tembang, Y., Pagiling, S. L., & Nur’Aini, K. D. (2021). Identification of math teacher’s capabilities in classroom action research. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012077
Permana, I. S., Matsum, J. H., Syamsuri, Syahrudin, H., & Basri, M. (2024). Analisis Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sompak. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher), 5(2), 386–393. https://doi.org/10.36312/teacher.v5i2.3143
Prabandari, C. S., Badiozaman, I. F. A., & Turner, K. (2024). EXPLORING CHALLENGES OF INDONESIAN EFL TEACHERS IN ADOPTING TEACHER-RESEARCHER IDENTITY THROUGH CLASSROOM ACTION RESEARCH. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 27(1), 419–433. https://doi.org/10.24071/llt.v27i1.8529
Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14.
Stringer, E. T., Christensen, L. M., & Baldwin, S. C. (2010). Integrating teaching, learning, and action research: Enhancing instruction in the K-12 classroom. In Integrating Teaching, Learning, and Action Research: Enhancing Instruction in The K-12 Classroom. SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.4135/9781452274775
Syamsuri, S., Asriati, N., Matsum, J. H., Achmadi, A., Witarsa, W., & Basri, M. (2023). Pelatihan Strategi Manajemen Sumberdaya dalam Mengelola Bisnis bagi UKM Goyang 1.1 Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(3), 581–588. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i3.8321
Syamsuri, S., Asriati, N., Matsum, J. H., Herkulana, H., Achmadi, A., & Khosmas, K. (2022). Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Klinik Publikasi Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru di SMA Negeri 2 Kuala Mandor B Kabupaten Kuburaya. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 553–560. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6020
Syamsuri, S., Hafsah, H., & Alang, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru SMP Negeri 2 Tinambung Melalui Edukasi Optimalisasi Pemanfaatan Alat Peraga. Jabb.Lppmbinabangsa.Id, 4(2), 1537–1543. https://doi.org/doi.org/10.46306/jabb.v4i2.745
Syamsuri, S., Hafsah, H., Hastuti, H., Yusal, M. S., & Alang, H. (2024). Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Merajut bagi Ibu PKK di Kecamatan Campalagiant Polewali Mandar Sulawesi Barat. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2), 344–349. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.16147
Syamsuri, S., Selvilianawati, S., & Sulistyarini, S. (2023). Analisis Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 10–16. https://doi.org/10.33603/ejpe.v11i1.9128
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (1992). Demographic Research.
Zvalo-Martyn, J. (2023). HOW ACTION RESEARCH BUILDS CONFIDENCE IN ONLINE EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDENTS. In Undergraduate Research in Online, Virtual, and Hybrid Courses: Proactive Practices for Distant Students (pp. 101–112). https://doi.org/10.4324/9781003448419-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husni Syamsuri, Junaidi H. Matsum, Nuraini Asriati, Syamsuri Syamsuri, Heni Kuswanti, Astrini Eka Putri , M. Zainul Hafizi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










