PENINGKATAN PROMOSI PRODUK KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN VIDEO EDITING DAN FOTOGRAFI PADA SMKN 2 DEPOK

Authors

  • Mira Rosalina Politeknik Negeri Jakarta
  • Ade Rahma Yuly Politeknik Negeri Jakarta
  • Sinantya Feranti Anindya Politeknik Negeri Jakarta
  • Fitria Nugrahani Politeknik Negeri Jakarta
  • Eriya Eriya Politeknik Negeri Jakarta
  • Yoyok Sabar Waluyo Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37161

Keywords:

Produk Kewirausahaan, Video Editing, Fotografi, Kompetensi

Abstract

Pelatihan editing video dan fotografi untuk mendukung promosi produk kewirausahaan di SMKN 2 Depok adalah bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat diberikan untuk mendukung pengembangan produk siswa. Pelatihan ini berfokus pada penggunaan media visual untuk mencapai target pasar tentang nilai produk. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pihak SMKN 2 Depok, produk yang dihasilkan oleh siswa sudah cukup beragam, akan tetapi kemampuan dalam pembuatan konten masih perlu ditingkatkan. Adanya pelatihan editing video dan fotografi berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dan guru dalam membuat konten visual yang menarik dan berkualitas tinggi. Kegiatan pengabdian terlaksana melalui beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, dan tindak lanjut. Pelatihan dilaksanakan di SMKN 2 Depok yang diikuti oleh 26 peserta terdiri atas perwakilan guru dan siswa. Berdasarkan pelatihan dan hasil angket yang diberikan setelah pelatihan, diperoleh respon 83% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini memberikan manfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru dan siswa dalam video editing dan fotografi.

References

Sinaga, D. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa melalui Pelatihan Editing Video di Smk Yapim Biru-biru. Selaparang, 10-13.

Sugihartini, N. e. (2017). PELATIHAN VIDEO EDITING TINGKAT SMK SE-KOTA SINGARAJA. Jurnal Widya Laksana, 172-180.

Nuraryo, I., Meisyaroh, S., & Suatmi, B. D. (2023). Pelatihan Strategi Merancang Video Iklan Promosi Produk UMKM dalam Media Sosial. Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, Dan Lingkungan, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.46806/abdimas.v1i1.1076

Ersyad, F. A. ., Fanani, F., & Suhariyanto, S. (2021). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembuatan Video Iklan Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk Semarang. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-60. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.269

Novitasari, N. F., & Nurfiqih, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Guru MTs Nurul Huda Paowan Situbondo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 178-187. https://doi.org/10.30653/002.202271.29

Manesah, D., & Ali, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO PROMOSI PENJUALAN DODOL DI DESA LAMA HAMPARAN PERAK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani.

Pritama, A., & Setyaningsih, G. (2020). PELATIHAN PRODUKSI VIDEO UNTUK KONTEN PROMOSI ONLINE DI INDUSTRI KECIL MENENGAN (IKM) KABUPATEN PEKALONGAN. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat.

Hamidy, F., & Pasha, D. (2023). Pelatihan Video Iklan Produk dan Strategi Pemasaran Digitaldi SMKN 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS).

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Rosalina, M. ., Yuly, A. R. ., Anindya, S. F. ., Nugrahani, F. ., Eriya, E., & Waluyo, Y. S. . (2024). PENINGKATAN PROMOSI PRODUK KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN VIDEO EDITING DAN FOTOGRAFI PADA SMKN 2 DEPOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10703–10707. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37161

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.