PELATIHAN PENGGUNAAN E-GAMELAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER DALAM PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 29 SURABAYA

Authors

  • Fransisca Dwi Harjanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Jarmani Jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Marmi Marmi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Panji Agung Prayogi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36899

Keywords:

E-Gamelan, Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan dalam penggunaan gamelan digital yang ditujukan untuk para siswa di SMPN 29 Surabaya merupakan kegiatan yang dibiayai oleh DRTPM Kemendikbudristek. Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan karakter dan pendukung kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5). Kegiatan ini penting dilakukan dengan pertimbangan bahwa program P-5 merupakan implementasi dari pelaksanaan kurikulum Merdeka yang saat ini mulai digunakan di sekolah. Sebagai program yang baru, sekolah perlu mencari kegiatan yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong dan bekerja sama, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan mandiri. Untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila maka diperlukan sebuah program yang dapat mendukung untuk mewujudkannya. Dalam rangka mewujudkan profil pelajar Pancasila maka prograam yang sudah dilaksanakan di SMPN 29 Surabaya adalah ekstrakurikuler kesenian gamelan. Hanya saja kegiatan ini perlu dikembangkan supaya peserta didik lebih termotivasi untuk mengikutinya. Untuk menarik minat siswa dalam mempelajari kesenian gamelan maka dibutuhkan pengenalan teknologi baru di bidang seni gamelan. Untuk itu tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah mengenalkan teknologi baru dalam kesenian gamelan kepada para siswa di SMPN 29 Surabaya dalam bentuk pelatihan. Dengan demikian setelah kegiatan ini diharapkan para siswa di SMPN 29 Surabaya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memainkan seni gamelan digital. Luaran yang akan diharapkan dari kegiatan ini adalah Aplikasi seni gamelan digital yang akan dikenalkan kepada peserta pelatihan, keterampilan memainkan seni gamelan digital, pertunjukan seni gamelan digital yang akan dipentaskan pada saat pentas seni atau kegiatan penguatan P-5 di sekolah, terpublikasinya artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat di jurnal ilmiah terakreditasi kemendikbudristek. Selain itu kegiatan ini juga akan dipublikasikan dalam bentuk video hasil pengabdian di chanel youtube.

References

Aryani D. Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. J Penelit Pendidik. 2019;19(2):172–80.

Hartono. Perkembangan Estetika Musikal Seni Karawitan Jawa Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Pendukungnya. Media seni dan desain. 2012;1(1):25.

Hastuti Puji SS. Dinamika Ekosistem Industri Musik Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Masy Indones [Internet]. 2020;(Vol 46, No 2 (2020): Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia):221–39.Availablefrom: http://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/918/593

Hastuti K, Syarif AM. Rancang bangun Aplikasi Bergerak untuk Mendukung Pemasaran Gamelan pada Sanggar Amerta Laksita dan Gamelan Ndelik Semarang [Internet]. Vol. 8, E-DIMAS. Universitas PGRI Semarang; 2017. p. 87. Available from: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1377

Jawa K. Local Genius. 1986;18–9.

Marnatun; Surawan; Ahmad Saefulloh. Optimalisasi Peran Guru Pai Dalam Menanggulangi Pergaulan Bebas Pada Peserta Didik. J Teach Educ [Internet]. 2022;3(2):78–89.Availablefrom: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3100

Nikhilkumar D. Parikh. Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. Int J Indian Psychol. 2016;3(3).

Nisa A, Wulandari T. Filosofi jawa. 2015;2:132–8.

Prasetyo P. Seni Gamelan Jawa sebagai Representasi dari Tradisi Kehidupan Manusia Jawa: Suatu Telaah dari Pemikiran Collingwood. Fak Ilmu Pengetah Budaya Univ Indones [Internet]. 2012;1–139. Available from: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20291476-S1336-Panji Prasetyo.pdf

Rohmawati N, Hangestiningsih E. Kajian program sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter di sekolah dasar. Pros Semin Nas PGSD. 2019;(35):225–9.

Syukriyyah JA-, Rivana A. Pentingnya kecerdasan emosional pendidik dalam meningkatkan pendidikan karakter. 20:70–84.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Harjanti, F. D. ., Jarmani, J., Marmi, M., & Prayogi, P. A. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN E-GAMELAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER DALAM PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 29 SURABAYA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10514–10521. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36899

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.