ECONOMIC BOOSTING UMKM LOKAL DESA TENGGARANG, KABUPATEN BONDOWOSO MELALUI PENGEMBANGAN PLATFORM TENGGARANG DIGITAL MARKET(TRENDI)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36143Keywords:
Digitalisasi, Marketplace, Tenggarang, UMKM.Abstract
Kabupaten Bondowoso memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk mengangkat perekonomian penduduknya. Potensi–potensi yang dimiliki ditampung dalam UMKM yang berdiri dimasing-masing daerah maupun kecamatan di Kabupaten Bondowoso, salah satunya di Desa Tenggarang. Produk UMKM lokal di Desa Tenggarang antara lain: berbagai jenis olahan kripik(pisang, nangka, singkong, dll), kerajinan tangan, serta makanan olahan lainnya. Berdasarkan hasil observasi lapangan yang telah dilakukan, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra: (1) Pasar pemasaran yang terbatas, (2) Berkurang dan potensi hilangnya target pasar, (3) Budget pemasaran yang terlalu mahal, (4) Biaya operasional dengan skema konvensional yang makin meningkat. Tim pengabdian akan berfokus mengembangkan platform tenggarang digital market(TRENDI). Sistem yang akan dibangun rencananya berbasis web dan responsive terhadapa penggunaan pada smartphone untuk memberikan tingkat usability yang baik. Sistem yang akan dibangun direncanakan memiliki beberapa modul/fitur, antara lain: 1) Pemasaran; 2) E-Katalog; 3) Penjualan; 4) Pengelolaan Produk. Pemerintah Desa Tenggarang melihat paparan ide solusi yang diusulkan tim pengabdian sebagai solusi yang tepat menjawab permasalahan yang mereka hadapi, sehingga sangat mendukung implementasi solusi dari program pengabdian ini. Berdasarkan hasil diskusi, Pemerintah Desa Tenggarang melihat solusi ini perlu segera diwujudkan mengingat urgensi permasalahan pada mitra dan manfaat yang dapat diberikan pada produk pengabdian iniReferences
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso. (2023). Potensi Ekonomi Kabupaten Bondowoso: Laporan Tahunan. Bondowoso: BPS Kabupaten Bondowoso.
Diskoperindag Kabupaten Bondowoso. (2022). Statistik Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Bondowoso. Bondowoso: Diskoperindag.
Dian, M., & Arief, H. (2023). Strategi Pemasaran Konvensional dan Digital untuk UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 120-130.
Kurniawan, B., & Hasanah, R. (2023). Digitalisasi UMKM: Tantangan dan Peluang di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Inovasi Digital, 8(2), 95-110.
Nurhadi, D., & Yulianti, P. (2022). Peran Digitalisasi dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi Digital, 5(3), 80-92.
Rahman, A., & Iskandar, M. (2021). Pemasaran Digital sebagai Solusi Pemasaran UMKM di Era Pandemi. Jurnal Pemasaran Digital, 6(4), 100-115.
Setyawan, T. (2021). Optimalisasi Potensi Ekonomi Lokal Melalui Pengembangan UMKM di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi Daerah, 15(1), 75-89.
Supriyadi, Y. (2022). Pengembangan UMKM Desa: Studi Kasus di Desa Tenggarang, Bondowoso. Jurnal Pengembangan Desa, 3(2), 56-67.
Suryono, A., & Prasetyo, D. (2022). Analisis Pemasaran Produk UMKM di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(3), 210-225.
Wibowo, S., & Hidayat, R. (2022). Dampak Penggunaan Media Digital Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 7(2), 132-145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahrobby Adnan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










