IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STEAM MELALUI PERAKITAN ROBOT LINE FOLLOWER DI SMPN 3 NATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.36136Keywords:
Pembelajaran STEAM, Robotika, Robot Line FollowerAbstract
Perkembangan teknologi robotika dari waktu ke waktu sangat mengagumkan. Produk teknologi robotika tersedia semakin banyak dan bervariasi mulai dari robot yang paling sederhana sampai dengan yang paling canggih sehingga robot dapat sesuai untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Melihat dari besarnya dampak teknologi robotika di masa mendatang, maka sangat diperlukan pengenalan teknologi ini kepada para siswa sekolah agar dapat menjadi inventor di bidang teknologi robotika agar Indonesia mampu menghasilkan teknologi yang bersaing dengan negara-negara maju. Pengenalan teknologi robot di sekolah dapat dilakukan dengan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang menggabungkan lima bidang ilmu yaitu sains, teknologi, teknik, seni dan matematika. Metode ini dapat mendorong siswa untuk lebih berperan aktif, berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan. SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) 3 Natar belum memiliki materi pelajaran atau media pembelajaran ataupun ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang ilmu robotika. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman dan pengetahuan insan akademis yang terkait dengan bidang teknologi robotika tersebut. Oleh karena itu, melalui kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) ini, diharapakan dapat memberikan wawasan dan pemahaman mengenai teknologi robotika khususnya robot line follower yang dapat dijadikan sebagai permainan menarik selama proses pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa pemahaman para siswa mengenai robot line follower meningkat setelah melewati proses pembelajaran berbasis metode STEAM. Para siswa ikut aktif berpartisipasi baik dalam bentuk diskusi maupun saat praktik langsung. Kegiatan pembelajaran yang dikemas menarik dengan memasukkan unsur permainan membuat para siswa antusias, beresemangat, dan senang mengikuti kegiatan.References
Agusniatih, A., & R., S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Steam Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502–6512. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3418
Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran Steam Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3469–3474. Https://Doi.Org/10.55927/Mudima.V2i8.924
Dewi, N., Hasibuan, A. Z., & Sembiring, A. (2020). Prototype Robot Kapal Pemungut Sampah Pada Permukaan Air Dengan Pengendali Smartphone.
Fishel, J. A., Oliver, T., Eichermueller, M., Barbieri, G., Fowler, E., Hartikainen, T., Moss, L., & Walker, R. (2020). Tactile Telerobots for Dull, Dirty, Dangerous, And Inaccessible Tasks. 2020 Ieee International Conference on Robotics and Automation (Icra), 11305–11310. Https://Doi.Org/10.1109/Icra40945.2020.9196888
Guntara, Y., Fathia, F., Harisudin, A., & Anugrah, A. R. (2023). Pelatihan Obstacle Avoider Robot Untuk Pengenalan Dunia Robotika Bagi Siswa Sman 2 Kabupaten Tangerang. Begawe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 31–34. Https://Doi.Org/10.62667/Begawe.V1i2.27
Hafidz, I., Adiputra, D., Montolalu, B., Prastyabudi, W. A., Widyantara, H., & Afandi, M. A. (2020). Robot Logistik Berbasis Iot Untuk Memonitoring Pasien Dan Pengiriman Logistik Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 9(3).
Handayani, W., Kuswandi, D., Akbar, S., & Arifin, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Steam Untuk Perkembangan Kognitif Pada Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770–778. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V4i2.390
Hendrik, B., & Awal, H. (2023). Pengenalan Teknologi Robot Pada Anak Sekolah Dasar. Jurmas Bangsa, 1(1), 46–52. Https://Doi.Org/10.62357/Jpb.V1i1.140
Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (Steam) Berbasis Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 954–964. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2097
Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran Steam Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. 1(3).
Parniati, W., Hadi, Y. A., Hamdi, Z., & Husni, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Steam Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas Iv Mi Nw Ajan Tahun Pelajaran 2021/2022. 5.
Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Steam. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. Https://Doi.Org/10.53624/Kontribusi.V3i2.189
Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode Steam Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 192–199. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V1i04.44
Setyawan, I., Wardana, H. K., & Utami, E. Y. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Robot Avoider Beroda Untuk Siswa Smkn 2 Salatiga. 4.
Sholeh, A. W., Alfita, R., & Ibadillah, A. F. (N.D.). Rancang Bangun Robot Pengantar Barang Pada Warehouse Berbasis Rfid Localization Dan Obstacle Avoidance.
Siagian, S. M., Pardede, S., Hs, S. C., Tampubolon, F. R., Adam, M., Lubis, F., & Taufik, A. (N.D.). Pkm Pelatihan Dan Penerapan Pembelajaran Robotika Siswa Di Sd Muhammadiyah 27 Medan Kec. Medan Perjuangan Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Thalib, M. J. D. P., Musa, P., & Thalib, F. (2024). Robot Asisten Pintar Dengan Perintah Suara Berbahasa Indonesia. Action Research Literate, 8(2), 268–278.
Yantidewi, M., Ermawati, F. U., & Zainuddin, A. (2022). Pelatihan Dasar Robot Line Tracer Analog Bagi Siswa Man 1 Jombang. 3(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nia Saputri Utami, Suratun Nafisah, Afit Miranto, Khansa Salsabila Suhaimi, Nova Anika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










