EDUKASI STRATEGI PEMASARAN UMKM MELALUI E-COMMERCE DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36108Keywords:
E-Commerce, Pemasaran Digital, Pengabdian Masyarakat, Optimalisasi Digital, UMKMAbstract
Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi mengenai strategi pemasaran UMKM melalui e-commerce guna mendukung optimalisasi digital. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran yang efektif. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung yang fokus pada pemahaman dasar e-commerce, strategi pemasaran digital, pembuatan konten menarik, dan teknik peningkatan interaksi dengan konsumen. Hasil program ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai e-commerce dan strategi pemasaran digital. Program ini berhasil memotivasi peserta untuk lebih aktif menggunakan e-commerce sebagai alat utama pemasaran dan penjualan, sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UMKM dan memajukan ekonomi digital di masyarakat.Downloads
Published
2024-10-17
How to Cite
Redjeki, F. ., Syujak, A. R. ., Muhiban, A. ., & Hartini, S. . (2024). EDUKASI STRATEGI PEMASARAN UMKM MELALUI E-COMMERCE DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10006–10010. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36108
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Finny Redjeki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.