EDUKASI STRATEGI PEMASARAN UMKM MELALUI E-COMMERCE DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL

Authors

  • Finny Redjeki Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Rois Syujak Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Ayi Muhiban Universitas Nasional Pasim
  • Supri Hartini Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36108

Keywords:

E-Commerce, Pemasaran Digital, Pengabdian Masyarakat, Optimalisasi Digital, UMKM

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi mengenai strategi pemasaran UMKM melalui e-commerce guna mendukung optimalisasi digital. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran yang efektif. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung yang fokus pada pemahaman dasar e-commerce, strategi pemasaran digital, pembuatan konten menarik, dan teknik peningkatan interaksi dengan konsumen. Hasil program ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai e-commerce dan strategi pemasaran digital. Program ini berhasil memotivasi peserta untuk lebih aktif menggunakan e-commerce sebagai alat utama pemasaran dan penjualan, sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UMKM dan memajukan ekonomi digital di masyarakat.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Redjeki, F. ., Syujak, A. R. ., Muhiban, A. ., & Hartini, S. . (2024). EDUKASI STRATEGI PEMASARAN UMKM MELALUI E-COMMERCE DALAM PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10006–10010. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36108

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.