EDUKASI PEMASARAN BERBASIS DATA UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM

Authors

  • Putu Saroyini Piartrini Universitas Udayana
  • PA Andiena Nindya Putri ITB Stikom Bali
  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Betty Rahayu Universitas Darul Ulum Jombang
  • Siti Mardiana Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36060

Keywords:

PemasaranBerbasis Data, Daya Saing, UMKM

Abstract

Dalam era digital saat ini, pemasaran berbasis data menjadi salah satu strategi kunci untuk meningkatkan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Edukasi mengenai pemasaran berbasis data sangat penting bagi pelaku UMKM agar mereka dapat memanfaatkan data untuk memahami perilaku konsumen, memprediksi tren pasar, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Penelitian ini mengkaji berbagai literature terbaru mengenai pemanfaatan data dalam pemasaran dan dampaknya terhadap UMKM. Dengan mengadopsi metode literature review, artikel ini menganalisis berbagai pendekatan, tantangan, dan solusi yang dapat diimplementasikan oleh UMKM dalam pemasaran berbasis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemahaman yang baik tentang analisis data, pelaku UMKM dapat mengidentifikasi segmen pasar yang lebih tepat, meningkatkan efisiensi iklan, serta merancang produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, penting bagi pihak terkait, seperti pemerintah dan lembaga pendidikan, untuk menyediakan program edukasi yang mendukung pengembangan keterampilan pemasaran berbasis data bagi UMKM.

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Piartrini, P. S. ., Putri, P. A. N. ., Mere, K. ., Rahayu, B. ., & Mardiana, S. . (2024). EDUKASI PEMASARAN BERBASIS DATA UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9932–9936. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36060

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.