OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • Emalia Nova Universitas Islam Lamongan
  • Rivatul Ridho Universitas Islam Lamongan
  • Evi Fitrotun Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35941

Keywords:

Optimalisasi, Media Sosial, Tik Tok

Abstract

Permasalahan penelitian ini agar mengetahui bagaimana optimalisasi penggunaan media sosial Tiktok sebagai media promosi di Universitas Islam Lamongan. Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang populer di seluruh dunia. Aplikasi video pendek ini sukses menyita perhatian banyak orang, terutama anak-anak muda karena tampilan serta fitur-fitur menarik yang ditawarkannya. Media sosial Tiktok muncul sejak tahun 2016 yang digunakan sebagai sarana promosi yang dapat memberikan informasi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Tiktok merupakan platform yang sangat populer dengan jutaan konten yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna. Saat ini banyak lembaga pendidikan menggunakan media tersebut sebagai pengenalan atau promosi. Lembaga pendidikan yang paling banyak menggunakan yaitu Perguruan Tinggi. Hampir seluruh perguruan tinggi menggunakan aplikasi tesebut sebagai media promosi salah satunya yaitu Universitas Islam Lamongan. Solusi optimalisasi penggunaan media sosial tiktok sebagai media promosi di Universitas Islam Lamongan yaitu menciptakan konten yang menarik dan membedakan diri dari konten lainnya. Tantangan tersebut dapat diatasi dengan terus berinovasi dan melakukan riset mengenai tren yang sedang terjadi.

References

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2019). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora, VI (2), 1–224.

Ardiansyah, (2023). Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Madura. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 7 Nomor 1, April. DOI: 10.30742/tb.v7i1.2575.

A’yunin, N. A. Q. (2018). Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Memlaui Media Sosial. Libria,10(1), 48- 63 [Online]. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/3381

Handy, M., & Wijaya, D. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar (Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok). Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya 3(2), 170–191. [Online]. DOI: https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik indonesia. (2018). Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir Tik Tok. Diperoleh dari : https://kominfo.go.id/content/detail/13331/ini-penyebab-kominfo-putuskanblokir-tik-tok/0/sorotan_media)

Kurniali, S. (2011). Peran Media Sosial di Internet pada Penerapan Proses Knowledge Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 167-174 [Online]. DOI: https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2729

Valiana, L., Suriana, & Fazilla, S. (2020). Dampak Negatif Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas VI MIN 1 Aceh Utara. 75-84. Official URL: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/genderangasa/article/download/1073/766/

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Nova, E. ., Ridho, R. ., & Fitrotun, E. . (2024). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9804–9810. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35941

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.