OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35941Keywords:
Optimalisasi, Media Sosial, Tik TokAbstract
Permasalahan penelitian ini agar mengetahui bagaimana optimalisasi penggunaan media sosial Tiktok sebagai media promosi di Universitas Islam Lamongan. Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang populer di seluruh dunia. Aplikasi video pendek ini sukses menyita perhatian banyak orang, terutama anak-anak muda karena tampilan serta fitur-fitur menarik yang ditawarkannya. Media sosial Tiktok muncul sejak tahun 2016 yang digunakan sebagai sarana promosi yang dapat memberikan informasi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Tiktok merupakan platform yang sangat populer dengan jutaan konten yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna. Saat ini banyak lembaga pendidikan menggunakan media tersebut sebagai pengenalan atau promosi. Lembaga pendidikan yang paling banyak menggunakan yaitu Perguruan Tinggi. Hampir seluruh perguruan tinggi menggunakan aplikasi tesebut sebagai media promosi salah satunya yaitu Universitas Islam Lamongan. Solusi optimalisasi penggunaan media sosial tiktok sebagai media promosi di Universitas Islam Lamongan yaitu menciptakan konten yang menarik dan membedakan diri dari konten lainnya. Tantangan tersebut dapat diatasi dengan terus berinovasi dan melakukan riset mengenai tren yang sedang terjadi.References
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2019). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora, VI (2), 1–224.
Ardiansyah, (2023). Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Madura. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 7 Nomor 1, April. DOI: 10.30742/tb.v7i1.2575.
A’yunin, N. A. Q. (2018). Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Memlaui Media Sosial. Libria,10(1), 48- 63 [Online]. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/3381
Handy, M., & Wijaya, D. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar (Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok). Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya 3(2), 170–191. [Online]. DOI: https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik indonesia. (2018). Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir Tik Tok. Diperoleh dari : https://kominfo.go.id/content/detail/13331/ini-penyebab-kominfo-putuskanblokir-tik-tok/0/sorotan_media)
Kurniali, S. (2011). Peran Media Sosial di Internet pada Penerapan Proses Knowledge Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 167-174 [Online]. DOI: https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2729
Valiana, L., Suriana, & Fazilla, S. (2020). Dampak Negatif Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas VI MIN 1 Aceh Utara. 75-84. Official URL: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/genderangasa/article/download/1073/766/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emalia Nova

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










