PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA ARAB GURU RA MARIA ULFAH MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI BERBASIS GENIALLY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35922Keywords:
Kompetensi Bahasa Arab, RA Maria Ulfah, Gamifikasi, GeniallyAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema: “Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Guru RA Maria Ulfah Melalui Pendekatan Gamifikasi Berbasis Genially". Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi guru RA Maris Ulfah dalam membaca bahasa arab melalui media pembelajaran genially yang efektif dan menarik. 2) Memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan Gamifikasi menggunakan genially untuk materi membaca bahasa arab. Dengan mempertimbangkan dan memahami pentingnya kompetensi guru dalam membaca bahasa arab serta keterampilan penggunaan media pembelajaran genially untuk guru dalam proses mengajar. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pelatihan membaca bahasa arab untuk guru dengan media pembelajaran menggunakan genially yang efektif, interaktif, dan menarik dengan pendekatan gamifikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan pendidikan yang meliputi seminar penyampaian materi dan workshop disertai dialog interaktif. Selain itu, juga diberikan materi-materi tentang konsep dan teknik membaca bahasa arab dengan baik melalui gamifikasi serta teknik pembuatan media pembelajaran interaktif yaitu game atau permainan berdasarkan pendekatan Gamifikasi. Selama mengikuti pelatihan, peserta diberikan materi dan diberikan pendampingan dalam pembuatan permainan edukatif tentang materi Membaca bahasa arab. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para guru RA Maria Ulfah, kegiatan dibuat dalam bentuk pelatihan dan pendidikan yang akan dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta terhadap para guru RA Maria Ulfah. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa guru dan mahasiswa menunjukkan antusiasme dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, terdapat peningkatan wawasan dalam mengimplementasikan media berbasis gamifikasi untuk meningkatkan pengetahuan membaca Bahasa Arab, kesadaran menyikapi perkembangan teknologi informasi di era industri 4.0 di kalangan mahasiswa semakin meningkat, terbentuknya pemahaman membaca Bahasa Arab melalui media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi, serta terjalinnya silaturahmi dan komunikasi yang baik antara guru dan mahasiswa.References
Aditya, M. (2021). Genially, Platform Untuk Membuat Kegiatan Belajar Mengajar Lebih Menyenangkan Dan Interaktif. High Tech Teacher Indonesia.
Damanik, R. (2019). Hubungan kompetensi guru dengan kinerja guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Farozi, M. (2016). Rancang bangun website gamifikasi sebagai strategi pembelajaran dan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Semnasteknomedia Online, 4(1), 2–4.
Jasni, S. R., Zailani, S., & Zainal, H. (2018). Pendekatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Gamification Approach in Learning Arabic Language. Journal of Fatwa Management and Research, 358–367.
Jusuf, H. (2016). Penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal TICom, 5(1), 1–6.
Landers, R. N. (2014). Developing a theory of gamified learning: Linking serious games and gamification of learning. Simulation & Gaming, 45(6), 752–768.
Mostowfi, S., Mamaghani, N. K., & Khorramar, M. (2016). Designing Playful Learning by Using Educational Board Game for Children in the Age Range of 7-12:(A Case Study: Recycling and Waste Separation Education Board Game). International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5453–5476.
Rimawati, E., & Wibowo, A. (2018). Analisis Faktor Penerimaan Teknologi Dalam Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 1(1).
Sukirman, S. (2020). Efektivitas kelompok kerja guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201–208.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Jubaidah; Raden Ahmad Barnabas, Khambali Khambali, Ahmad Rasyadan Rafif, Lathifa Amalia Zikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.