SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 SARMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35764Keywords:
Sosialisasi Penggunaan Alat Peraga, Pembelajaran Matematika, Minat dan Motvasi Belajar.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui adanya keterbatasan penggunaan alat peraga bagi Guru Matematika di SMP Negeri 1 Sarmi. Hal ini menyebabkan kurangnya minat dan antusias peserta didik dalam mempelajari matematika. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi penggunaan alat peraga pembelajaran matematika untuk membantu guru dalam mengoptimalkan proses pembelajaran melalui penggunaan alat peraga sebagai sarana penjelasan materi sehingga mendorong minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman pserta didik SMP Negeri 1 Sarmi tentang konsep-konsep dasar matematika melalui penggunaan alat peraga yang interaktif dan efektif. Adapun hasil pengabdian yang diperoleh yaitu 1) peningkatan pemahaman dan keterampilan guru, 2) Suasana kelas yang lebih interaktif dan menarik, 3) Peningkatan minat dan motivasi belajar siswa.References
Ahmadi, Rulam. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74.
Faradila, D. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).
Idris, M. (2019). Standar Kompetensi Guru Profesional. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 41.
Isrok’atun dan Amelia Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: kemendikbud.go.id.
Kusnandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada. Rizali, Ahmad, Indra Jati Sidi, dan Datria Dharma. 2009. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: PT. Grasindo
Munirah, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 233-245.
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global.
Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Teresa Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.