MINIMISING BULLYING AT UTSMAN BIN AFFAN BOARDING SCHOOL THROUGH IT MENTORING.

Authors

  • Arifin Arifin STKIP Yapis Dompu
  • Supriyaddin Supriyaddin STKIP Yapis Dompu
  • Idhar Idhar STKIP Yapis Dompu
  • Indah Afrianti STKIP Yapis Dompu
  • M. Amin STKIP Yapis Dompu
  • Putri Handayani STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35708

Keywords:

Perundungan, Pendampingan, Teknologi, Pondok_Pesantren.

Abstract

PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian para guru terhadap kasus pelecehan yang terjadi di Pondok Pesantren Utsman bin Affan. Kegiatan PKM ini bekerja sama dengan mitra pondok pesantren Utsman Bin Affan yang beralamat di jalan bendungan rahalayu 400 m selatan Desa O`o Kabupaten Dompu Provinsi NTB yang melibatkan guru serta siswa. Tahapan pelaksanaan kegiatan PKM yaitu terdapat tiga tahapan yang meliputi tahapan persiapan  program,  tahapan  pelaksanaan  program  dan  tahapan  monitoring  dan  evaluasi  program keberlanjutan. Berdasarkan hasil survei kepuasan terhadap kesesuaian harapan peserta dengan pelaksanaan kegiatan sebesar 30,4%, sedangkan penilaian kemanfaatan kegiatan sebesar 47,8% yang menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sudah sesuai. Berdasarkan hasil survei tingkat kepuasan terhadap kemanfaatan materi pelatihan cyberbullying dan bentuk-bentuk bullying, angkanya sebesar 47,8%, sedangkan penilaian tingkat pemahaman guru terhadap praktik anti-bullying disediakan poster adalah 43,5% yang menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan sangat bermanfaat bagi guru untuk memahami kasus dan jenis perundungan yang terjadi di pondok pesantren Utsman Bin Affan serta meningkatnya keterampilan peserta dalam membuat poster anti perundungan dan menggunakan layanan pengaduan perundungan. Hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan dan menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang pembuatan poster anti perundungan dan penggunaan aplikasi layanan aduan perundungan di Pondok Pesantren Utsman Bin Affan.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Arifin, A., Supriyaddin, S., Idhar, I., Afrianti, I. ., Amin, M., & Handayani, P. . (2024). MINIMISING BULLYING AT UTSMAN BIN AFFAN BOARDING SCHOOL THROUGH IT MENTORING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9566–9573. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35708

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.