PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU MATEMATIKA SDIT IMAM BUKHARI DOMPU

Authors

  • Asmedy Asmedy STKIP Yapis Dompu
  • Fathirma’ruf Fathirma’ruf STKIP Yapis Dompu
  • Putri Surya Damayanti STKIP Yapis Dompu
  • Indah Afrianti STKIP Yapis Dompu
  • Ainun Fitri STKIP Yapis Dompu
  • Dewi Citra Wati SDIT Imam Bukhari Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35706

Keywords:

Pendampingan, Modul, Kreatif, Budaya, Lokal

Abstract

Kegiatan pelatihan terkait pemahaman konsep matematika dan mengembangkan soal kreatif berbasis kearifan lokal bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta atau guru matematika SDIT Imam Bukhari Dompu sebelum mengembangkan modul ajar kreatif, kegiatan sosialisasi dilaksanakan Bersama dengan mitra untuk memastikan lancarnya kegiatan, sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan dan pendampingan juga dilaksanakan pre-test dan post-test pada awal dan akhir kegiatan sebagai bahan laporan serta refleksi untuk kegiatan pendampingan selanjutnya. Data hasil pre-test dan post-test akan dilakukan analisis terkait porsentase jumlah peserta yang menjawab benar sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan, data ini akan menjadi dasar untuk kegiatan pelatijan selanjutnya serta pada kegiatan pendampingan pengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal dilakukan secara off-line maupun on-line melalui zoom meeting sebagai upaya menjamin tercapainya modul ajar yang dikembangkan oleh guru, kegiatan pelatihan pemahaman konsep dan pengembangan soal kreatif berbasis kearifan lokal bahwa diperoleh porsentase sebesar 98% dan 97% luaran kegiatan ini berupa modul ajar kreatif berbasis kearifan lokal yang akan diimplementasikan di kelas.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Asmedy, A., Fathirma’ruf, F., Damayanti, P. S. ., Afrianti, I. ., Fitri, A. ., & Wati, D. C. . (2024). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU MATEMATIKA SDIT IMAM BUKHARI DOMPU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9549–9557. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35706

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.