INOVASI KOJO NANAS DAN BRANDING: PENGEMBANGAN PRODUK KULINER LOKAL DI DESA TAPUS

Authors

  • Putri Uki Diana Universitas Indo Global Mandiri
  • Ardiansyah Sarman Universitas Indo Global Mandiri
  • Siska Agustina Universitas Indo Global Mandiri
  • Anisa Lutfiah Universitas Indo Global Mandiri
  • Rinto Saputra Universitas Indo Global Mandiri
  • Kgs. M . Nurkholis Universitas Indo Global Mandiri,
  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri
  • Hala Haidir Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34941

Keywords:

Buah Nanas, Nilai Tambah Produk, Ekonomi, Inovasi

Abstract

Desa Tapus berada di Kecamatan Lembak Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia. Desa ini terletak di dataran rendah yang dikelilingi oleh sungai dan hutan, sehingga sebagian besar masyarakat Desa Tapus bekerja di sektor pertanian, khususnya perkebunan karet, dan budidaya nanas lokal. Kondisi yang dihadapi oleh masyarakat diantaranya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan nilai tambah dari nanas yang mereka hasilkan sehingga belum ada inovasi produk baru yang dikembangkan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mengembangkan strategi yang efektif dalam memanfaatkan potensi nanas di Desa Tapus melalui inovasi produk kuliner Kue Kojo Nanas. Inovasi Kue Kojo Nanas ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk nanas dan memberdayakan masyarakat melalui pelatihan dan pengembangan UMKM di Desa Tapus. Pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan melakukan observasi mengenai potensi yang ada di Desa Tapus dan dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Tapus. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan respons positif dari peserta, yang ditandai dengan terjadinya peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai inovasi Kue Kojo Nanas, yang semulanya tidak ada masyarakat yang memahami tentang inovasi Kue Kojo Nanas menjadi 14 orang yang memahami inovasi Kue Kojo Nanas. Diharapkan hasil inovasi Kue Kojo Nanas dapat keberlanjutan dan menjadi peluang bisnis masyarakat di Desa Tapus guna mengembangkan perekonomian desa dan makanan lokal atau UMKM setempat.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Diana, P. U. ., Sarman, A. ., Agustina, S. ., Lutfiah, A. ., Saputra, R. ., Nurkholis, K. M. . ., … Haidir, H. . (2024). INOVASI KOJO NANAS DAN BRANDING: PENGEMBANGAN PRODUK KULINER LOKAL DI DESA TAPUS . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8937–8943. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34941

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.