PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494Keywords:
UMKM, Digital, PARAbstract
Salah satu potensi desa Karangampel Kudus adalah keberadaan UMKM. Sistem pemasaran UMKM tersebut masih bersifat konvensional. Di tengah pandemi sekarang ini, sebuah kebutuhan transformasi pemasaran dari konvensional ke digital. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi urgensi digital marketing sebagai media dalam melakukan promosi di tengah pandemic covid-19. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah participatory action research (PAR) selama satu bulan penuh di mitra pengabdian Desa Karangampel, Kudus. Pelibatan langsung masyarakat terlihat dalam beberapa program kegiatan pengabdian masyarakat, antara lain, sebanyak 20 pelaku usaha dan UMKM berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan. Hasil dari pengabdian ini adalah aktivasi website desa sebagai pusat informasi desa, beberapa produk UMKM sudah mampu mampu menggunakan digital sebagai media promosi.References
Azhar Ramadhanty, C., Raefanty Nadya, D., Mustaqimah, Z., Yosintha, R., & Tidar, U. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UKM TERDAMPAK COVID-19 DI KELURAHAN SIDOREJO TEMANGGUNG. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 31–42. https://doi.org/10.31002/ABDIPRAJA.V2I1.3626
Bhinadi, A. (2017). Penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. https://books.google.com/books/about/Penanggulangan_Kemiskinan_dan_Pemberdaya.html?id=b8hEDwAAQBAJ
Diana, L., Nor, S., Kumaeroh, A., Syalima, I., & Tidar, U. (2020). UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PELAKU UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DUSUN KARANGANYAR. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.31002/ABDIPRAJA.V1I1.3206
Heny, M., Dewi, U., Kehutanan, F., Gadjah, U., & Baiquni, M. M. (2013). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DI DESA WISATA JATILUWIH TABANAN, BALI. Jurnal Kawistara, 3(2), 17–2013. https://doi.org/10.22146/KAWISTARA.3976
Jamaludin, A. N. (2013). Sosiologi Perdesaan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/MANOVA.V3I2.301
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/AKSARA.6.1.62-71.2020
SafeÃ, A. A., Ono, A., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat.
Suhartati, L., Danuz, S. Z. D., Sasmita, G. F. A., Nurjanah, I., & Herniwati, J. (2021). Penyuluhan Kewirausahaan Dan Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2). https://doi.org/10.32493/%jamh.v2i2.10755
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.25078/PBA.V3I2.649
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-16 (2)
- 2022-01-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Moh. Nurul Qomar, Lorena Dara Putri Karsono, Fina Zahrotul Aniqoh, Chamidah Nor Aini, Yassirlana Anjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.