IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA KANJILO KABUPATEN GOWA

Authors

  • Hernita Hernita STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Aprizal Aprizal Universitas Dipa Makassar
  • Iwan Perwira STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Sri Selfi Damayanti STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Elisabeth Tappang STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Muhammad Nur Refki Salam STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Mawar Fitriazahra STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Zamrud Ichsan Rafi STIM Lasharan Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34899

Keywords:

Penerapan, Digitalisasi Pemasaran Dan Keuangan.

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini berfokus pada penerapan digitalisasi dalam pemasaran dan keuangan bagi koperasi dan UMKM di Desa Kanjilo, Kabupaten Gowa, dengan tujuan mendukung pertumbuhan mereka. Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan koperasi serta UMKM terkait digitalisasi pemasaran dan keuangan. Diharapkan, para pelaku koperasi dan UMKM dapat memahami serta menerapkan materi pelatihan secara efektif dan berkelanjutan. Selain menambah pengetahuan dan keterampilan, program ini juga diharapkan dapat memberikan sumber pendapatan tambahan sehingga perekonomian koperasi dan UMKM dapat berkembang lebih baik di masa depan. Program ini terdiri dari empat tahap utama, yakni persiapan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Berkat partisipasi aktif dari para pelaku koperasi dan UMKM, serta antusiasme mereka dalam menerima materi dan pendampingan kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan. Hasil dari program ini adalah peningkatan kemampuan digital dalam pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM.

References

Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). London: Pearson Education.

Ikatan Akuntan Indonesia, PSAK No 16, Jakarta, 2019

Indarti, Nurul, & Yulianto, Edy. (2020). Penerapan Teknologi Digital. Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson.

Mardikanto, Totok, Sudaryanto, & Raharjo, Hadi. (2020). Digitalisasi Pemasaran dan Keuangan. Surakarta: UNS Press.

Putra, Budi. (2018). Digitalisasi Keuangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Putra, R. D. (2018). Digitalisasi dan pemberdayaan ekonomi kreatif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 19(2), 113-124.

Ryan, Damian. (2017). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. London: Kogan Page.

Tiago, Maria Teresa, & Veríssimo, José Manuel C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703-708.

Tjiptono, F. 2019, Strategi Pemasaran :Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta. Penerbit ANDI

Wardoyo, Sugeng, & Santoso, Agus. (2020). Penggunaan Teknologi Digital. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Hernita, H., Aprizal, A., Perwira, I. ., Damayanti, S. S. ., Tappang, E. ., Salam, M. N. R. ., … Rafi, Z. I. . (2024). IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA KANJILO KABUPATEN GOWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8863–8868. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34899

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.