IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA KANJILO KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34899Keywords:
Penerapan, Digitalisasi Pemasaran Dan Keuangan.Abstract
Program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini berfokus pada penerapan digitalisasi dalam pemasaran dan keuangan bagi koperasi dan UMKM di Desa Kanjilo, Kabupaten Gowa, dengan tujuan mendukung pertumbuhan mereka. Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan koperasi serta UMKM terkait digitalisasi pemasaran dan keuangan. Diharapkan, para pelaku koperasi dan UMKM dapat memahami serta menerapkan materi pelatihan secara efektif dan berkelanjutan. Selain menambah pengetahuan dan keterampilan, program ini juga diharapkan dapat memberikan sumber pendapatan tambahan sehingga perekonomian koperasi dan UMKM dapat berkembang lebih baik di masa depan. Program ini terdiri dari empat tahap utama, yakni persiapan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Berkat partisipasi aktif dari para pelaku koperasi dan UMKM, serta antusiasme mereka dalam menerima materi dan pendampingan kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan. Hasil dari program ini adalah peningkatan kemampuan digital dalam pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM.References
Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). London: Pearson Education.
Ikatan Akuntan Indonesia, PSAK No 16, Jakarta, 2019
Indarti, Nurul, & Yulianto, Edy. (2020). Penerapan Teknologi Digital. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson.
Mardikanto, Totok, Sudaryanto, & Raharjo, Hadi. (2020). Digitalisasi Pemasaran dan Keuangan. Surakarta: UNS Press.
Putra, Budi. (2018). Digitalisasi Keuangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Putra, R. D. (2018). Digitalisasi dan pemberdayaan ekonomi kreatif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 19(2), 113-124.
Ryan, Damian. (2017). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. London: Kogan Page.
Tiago, Maria Teresa, & Veríssimo, José Manuel C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703-708.
Tjiptono, F. 2019, Strategi Pemasaran :Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta. Penerbit ANDI
Wardoyo, Sugeng, & Santoso, Agus. (2020). Penggunaan Teknologi Digital. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hernita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.