PENINGKATAN PROFIT MELALUI BRANDING DAN REKAYASA ALAT PRESS UKM PRODUSEN SABUN CURAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34035Keywords:
Profit, Branding, kemasan, Alat Press.Abstract
Kemasan dan branding produk sangat penting, Pengemasan bukan hanya pembungkus, pengemasan adalah branding, apapun jenis barang atau produk yang akan dijual, ketika dikemas dan diberi merk, kemasan yang bagus dan karakter yang kuat dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan saat memilih produk. Ini adalah salah satu cara merek menunjukkan karakternya kepada konsumen. Salah satu UKM Produsen sabun curah di Surakarta masih menjual produknya tanpa kemasan dan belum memiliki merek, sehingga produk yang mereka buat tidak dikenal banyak orang. Tujuan pengabdian yang dilakukan oleh tim PKM Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta yaitu untuk memberikan pelatihan pentingnya Branding dan Pengemasan produk dengan alat press bagi UKM sabun curah di Surakarta. Metode pengabdian yang digunakan menggunakan metode Service Learning yang meliputi beberapa tahapan seperti Engagement, Reflection, Reciprocity dan Public Dissemination. Dari pengabdian yang telah dilakukan tim PKM UNU Surakarta, mitra pengabdian sudah berhasil memiliki merek sendiri serta mempunyai kemasan produk yang dibuat memakai alat press dimana kemasan menjadi lebih menarik dan aman bagi konsumen.References
BBM, R. J. S. (2013). Visual Merchandising Attraction. Gramedia Pustaka Utama.Budiarto, R., Putero, S.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS.
Hardilawati, Wan Laura. 2020. "Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Akuntansi & Ekonomika 10(1): 154–68.
Kartawan, K., Kurniawan, D., & Ramadhani, I. (2017). Iptek Tepat Guna Bagi Masyarakat Pelaku Usaha Keripik Pisang Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(2).
Mardiana, C, and R Puspitasari. 2018. "Pengembangan Desain Produk Unggulan IKM Di Kabupaten Malang Jawa Timur Yang Berdaya Saing Tinggi." Jurnal ITATS.
Prabowo, Willy Andrian. 2018. "Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur." Jurnal Manajemen Pemasaran 12(2): 101–12.
Putri, S. S. I. (2022). "Penguat Ekonomi Kreatif di Era Pandemi Melalui Digital Branding." Journal of Academia Perspectives, 2(2), 161-165. DOI: https://doi.org/10.34148/jap.v2i2.87
Saefullah, E., Putra, A. R., & Tabroni, T. (2021). "Inovasi Dan Pengembangan UMKM Emping Melinjo Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Optimalisasi Media Pemasaran Dan Alat Produksi." RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 291-299. DOI: https://doi.org/10.34148/reswara.v2i2.291
Sanjaya, H. (2019). Analisis Display Produk, Store Atmosphere dan In Store Promotion Terhadap Pembelian Impulsif Di Supermarket Berastagi Gatsu Kota Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).
Setiadi, N. J., & SE, M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.
Volika, et al, 2023, Increasing the Value of Palaniezz MSMEs Products Through Re-Branding and Digital Marketing, International Journal of Progressive Sciences and Technologies, https://doi.org/10.52155/ijpsat.v39.1.5385
Zainal, A., & Supriana, T. (2020). "Penerapan Branding dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM." International Journal of Business and Management Invention, 9(5), 45-52. DOI: https://doi.org/10.35629/8028-0905045452
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rohmat Subodro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.