ENTERPENEUR WEEK KEMBANGKAN BAKAT LEWAT BISNIS DI PASAR CANDI AMUNTAI

Authors

  • Jumai Latte Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Eka Santi Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32563

Keywords:

Enterprenuer Week, Kembangkan Bakat, ,Pasar Candi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Administrasi Bisnis STIA Amuntai, sebagai sarana menumbuhkan jiwa wirausaha pada diri mahasiswa administrasi bisnis, menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama mahasiswa dan masyarakat, dan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berkarya. Metodologi yang digunakan yang itu praktek langsung lapangan, dimana para mahasiswa diajarkan untuk berjualan secara langsung dipasar, bertemu langsung dengan pembeli, selain itu mereka pula mencari langsung tempat usaha serta barang apa saja yang menjadi target pasar. Hasilnya pengabdian ini memberikan hal yang positif bagi mahasiswa dimana mereka bisa meningkatkan solidaritas dan kehangatan sosial diantara mahasiswa dengan masyarakat sekitar secara langsung, memperkuat keahlian bisnis, menciptakan peluang ekonomi dan menumbuhkan semangat komunitas antar mahasiswa. Pengabdian ini menyoroti peran penting enterprenuer week dalam kegiatan pengembakan bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa selain kegiatan teori. Temuan ini menekankan perlunya kegiatan lapangan yang melibatkan mahsiswa untuk langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar, serta masyarakat luas bukan hanya lingkungan kampus.

References

Anonim. 2017. Tradisi pasar ramadhan di hulu sungai utara https://web.hsu.go.id/tradisi-pasar-ramadhan-di-hulu-sungai-utara/

Arief. 2022. Pasar Ramadhan Amuntai Tak dipungut Ritribusi https://radarbanjarmasin.jawapos.com/bisnis/28/03/2023/pasar-ramadan-di-amuntai-tak-dipungut-retribusi/

Wati. Reni Kurnia. 2021. Pedagang di pasar candi amuntai https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/07/13/pedagan g-di-pasar-candi-amuntai-kabupaten-hsu-pindah-ke- trotoar-saat-hujan

Yusuf , Toet. 2012. Indonesia Punya cerita. Jakarta. Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup)

Agustina, E.S. 2022. Regulasi Kebijakan Bisnis Indonesia.

BARU, K.D.A.N.K.B. 2023. BAB IV KEWIRAUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN BISNIS BARU. Bisnis dalam Era Digital: Menggali Konsep dan Prinsip Dasar, p. 64.

Boden Jr, R.J. and Nucci, A.R. 2000. On the survival prospects of men’s and women’s new business ventures. Journal of business venturing 15(4), pp. 347–362.

Harto, B. [no date]. BAB III KEWIRAUSAHAAN, BISNIS BARU DAN KEPEMILIKAN BISNIS. PENGANTAR BISNIS, p. 30.

Manning, K., Birley, S. and Norburn, D. 1989. Developing a new ventures strategy. Entrepreneurship Theory and Practice 14(1), pp. 67–76.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Latte, J. ., & Agustina, E. S. . (2024). ENTERPENEUR WEEK KEMBANGKAN BAKAT LEWAT BISNIS DI PASAR CANDI AMUNTAI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7146–7152. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32563

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.