PENERAPAN LITERASI KEUANGAN DAN 12 PRINSIP DASAR PADA UMKM EMPING KEDELAI MAREM

Authors

  • Ambarwati Ambarwati Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Defy Putri Yuliana Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Mezi Puspita Sari Universitas Putra Indonesia YPTK padang
  • Sustri Yolanda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.
  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3184

Keywords:

Inovasi Produk, UMKM Kedelai Emping Marem

Abstract

Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mencari solusi baru dalam mengembangkan usahanya, khususnya dalam hal pengembangan produk strategi inovasi perlu dikembangkan dan dilakukan tanpa inovasi pelaku usaha akan mati sebaliknya pelaku usaha yang melakukan inovasi secara terus menerus akan dapat mendominasi pasar, dengan keatifitas, model dan penampilan produk yang baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui inovasi produk pada Umkm Kedelai Emping Marem. Metode yang dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha dalam menerapkan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Umkm Kedelai Emping Marem telah menerapkan jenis inovasi produk yang terdiri dari : inovasi produk berbasis modulasi, inovasi produk berbasis ukuran, inovasi produk berbasis kemasan, inovasi produk berbasis desain, inovasi produk berbasis pengembangan bahan komplementer, inovasi produk  berbasis pengurangan upaya. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa Umkm Kedelai Emping Marem akan memberikan pemahaman pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan kualitas dan penjualan usaha yang sedang dilakukan.

References

Pitaloka, P. D., Supriyadi, S., & Sumarna, P. (2020). Nilai Tambah Pengolahan Kacang Kedelai Menjadi Tahu. Agri Wiralodra, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v12i1.2

Suryanti, F., & Mediaswati, K. A. (2017). Usaha Kecil Dan Menengah Keripik Tempe Di Kecamatan Blimbing Kota Malang Untuk Peningkatkan Pendapatan Usaha. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.33366/jast.v1i1.717

Kasendah, B. S., Wijayangka, C., Bisnis, P. A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2019).

non-probability sampling. 3(1), 153–160.

Arodi, T. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Tingkat Pengembalian Kredit

UMKM Makanan Dan Minuman Malang Jawa Timur.

JIMFEB: Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–17. https://jimfeb.ub.ac.id/

Downloads

Published

2022-01-18 — Updated on 2022-07-16

Versions

How to Cite

Ambarwati, A., Yuliana, D. P. ., Sari, M. P. ., Yolanda, S. ., & Putra, R. B. . (2022). PENERAPAN LITERASI KEUANGAN DAN 12 PRINSIP DASAR PADA UMKM EMPING KEDELAI MAREM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38–42. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3184 (Original work published January 18, 2022)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.