PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU RAMAH CERNA BERBASIS HUMAN SECURITY DI SD RAMAH ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31395Keywords:
Buku Ramah Cerna, Literasi Dini, Human Security, Pendidikan Ramah AnakAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah upaya kongkret untuk meningkatkan pengembangan program literasi dini sebagai upaya mendukung Pemerintah Indonesia dalam menggalakan Gerakan Literasi Nasional (GLN). PKM ini secara eksplisit relevan dengan tujuan SGDS Tahun 2024 pada poin 6.1 terkait upaya memberikan penguatan pengajaran berfokus pada kemampuan literasi di semua jenjang dan mendukung RJPMD Kota Bekasi. Human security sebagai basis utama dalam program pendampingan penyusunan buku ramah cerna menjadi diferensiasi yang mendukung Visi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebagai satu-satunya kampus yang menjunjung nilai sekuriti dalam aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, PKM ini diharapkan mampu menghasilkan produk inovatif yang mengedepankan nilai-nilai sekuriti dan dapat dimanfaatkan oleh Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Pengabdian ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Prodi PGSD FIP Ubhara Jaya dan SDN Harapan Baru III Kota Bekasi. Sekolah ini merupakan representasi SD penyelenggara pendidikan ramah anak namun terdapat kondisi anomali terkait kondisi perpustakaan yang tidak representatif dan ketersediaan buku ramah cerna yang sangat terbatas. Berdasarkan kondisi faktual di lapangan diketahui bahwa 98% guru sebagai sasaran mitra tidak mengetahui konsep buku ramah cerna, sehingga PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada 30 guru di sekolah tersebut untuk menyusun buku ramah cerna berbasis human security didasarkan pada kebijakan BSKAP No 30 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perjenjangan BukuDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sani Aryanto, Puri Pramudiani, Ciwuk Musiana, Ade Putri Puspitasari, Aulya Nur Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.