STRATEGI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN DUKANG NELAYAN KEPUTIH TIMUR GANG POMPA AIR SURABAYA MELALUI PELATIHAN MEDIA SOSIAL

Authors

  • Sugeng Marsudi Universtias Hang Tuah
  • Arie Ambarwati Universitas Hang Tuah
  • Lunariana Lubis
  • Ainun Nasihah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30834

Keywords:

Ikan Dukang, Pengolahan, Pemasaran, Media Sosial, Keputih

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengolahan hasil tangkapan ikan dukang dan pemasaran melalui pelatihan penggunaan media sosial untuk nelayan di Keputih Timur Gang Pompa Air, Surabaya. Dalam pelatihan ini, para nelayan diberi pengetahuan dan keterampilan tentang cara mengolah ikan Dukang dan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp untuk mempromosikan dan menjual hasil olahannya. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi ceramah dan praktik langsung yang bertujuan untuk membekali nelayan dengan strategi pengolahan ikan Dukang dan pemasaran digital yang efektif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan dalam pengetahuan dan keterampilan nelayan terkait pengolahan ikan Dukang dan penggunaan media sosial. Nelayan yang sebelumnya tidak familiar dengan berbagai olahan ikan Dukang dan media sosial kini mampu mengolah ikan Dukang dan membuat konten yang menarik, mengelola akun, serta berinteraksi dengan konsumen. Indikasi awal dari pelaksanaan strategi pemasaran melalui media sosial menunjukkan adanya peningkatan minat konsumen dan peningkatan penjualan hasil olahan ikan dukang. Tantangan yang dihadapi selama pelatihan antara lain keterbatasan akses internet dan rendahnya literasi digital, yang menjadi perhatian untuk program lanjutan. Secara keseluruhan, program ini berhasil membantu nelayan Keputih Timur Gang Pompa Air untuk lebih mandiri dalam mengolah ikan Dukang dan memasarkannya, memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi lokal, dan membuka peluang baru dalam pemasaran digital di sektor perikanan.

References

Ilza, M., & Siregar, Y. I. (2015). Socializing the Addition of Jambal Siam (Pangasius hypophtalmus) Fish Stomach Oil and Kerapu (Cromileptes sp) Fish Oil in Baby Porridge for Satisfy Omega 3 and Omega 6 Standard. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 18(3), 262–275. https://doi.org/10.17844/jphpi.v18i3.11211

Marsudi, S., Awwalin, R., Mursidi, & Atmojo, G. P. T. (2024). Pelatihan Pengelasan Dan Perawatan Kapal Nelayan Bagi Masyarakat Nelayan Keputih Timur Gang Pompa Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 15–22. https://doi.org/10.30649/jpmp.v3i1.105

Munthe, I., Isa, M., Winaruddin, Sulasmi, H., & Rusli. (2016). Analisis Kadar Protein Ikan Depik (Rasbora Tawarensis) di Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Medika Veterinaria, 10(1), 67–69.

Permata Sari, I., Pontoh, J., Meiske Sangi, dan S., Studi Kimia, P., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi Manado, F. (2018). Komposisi Kimia Asam- asam Lemak pada Daging Ikan Teri (Stophelorus sp.). Chem. Prog, 11(2). https://doi.org/10.35799/cp.11.2.2018.27439

Zuhro, N. A., Ayu, P. N., Ningrum, V. C., Aprilianti, B. S. V., Azhardin, F. D., Nazifah, N. N., Pramesti, Y. F., & Santi, D. R. (2023). Pemberdayaan Psikologis Penerapan Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat Keputih Timur Pompa Air. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(1), 72. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2671

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Marsudi, S. ., Ambarwati, A., Lubis, L., & Nasihah, A. . (2024). STRATEGI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN DUKANG NELAYAN KEPUTIH TIMUR GANG POMPA AIR SURABAYA MELALUI PELATIHAN MEDIA SOSIAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6254–6258. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30834

Similar Articles

<< < 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.