KOLABORASI AKADEMISI DALAM UPAYA PENEGAKAN HUKUM MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36110Keywords:
Kolaborasi Akademisi, Penegakan Hukum, Pengabdian Masyarakat, PsikoedukasiAbstract
Program kolaborasi akademisi dalam upaya penegakan hukum melalui pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum di kalangan masyarakat, khususnya terkait peraturan dan undang-undang yang berlaku. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial akademisi dalam memberikan kontribusi nyata untuk menciptakan masyarakat yang taat hukum. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan psikoedukasi, yaitu memberikan edukasi melalui sesi penyuluhan, diskusi, serta konsultasi hukum interaktif. Melalui pendekatan ini, masyarakat diberikan pemahaman tentang isu-isu hukum yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, termasuk cara menghadapi permasalahan hukum dan langkah-langkah preventif yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Program ini melibatkan berbagai pihak, termasuk praktisi hukum, dan akademisi. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman hukum masyarakat, terlihat dari tingginya partisipasi dan antusiasme mereka dalam setiap sesi kegiatan. Selain itu, terdapat perubahan positif dalam sikap masyarakat terhadap pentingnya menaati peraturan dan menjalankan hak serta kewajiban hukum. Program ini berhasil membangun jembatan antara akademisi dan masyarakat, sehingga terjalin kolaborasi yang efektif dalam upaya penegakan hukum. Kesimpulannya, kegiatan ini menjadi model efektif dalam memberdayakan masyarakat melalui edukasi hukum dan diharapkan dapat berkelanjutan untuk mendukung terciptanya masyarakat yang lebih sadar hukum.Downloads
Published
2024-10-17
How to Cite
Shodiq, M. ., Supyan, I. B. ., Khumaeroh, I. N. ., & Bagaskoro, M. R. . (2024). KOLABORASI AKADEMISI DALAM UPAYA PENEGAKAN HUKUM MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10015–10023. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36110
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Md Shodiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.