PENGGUNAAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS 4 DI SD 65 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30265Keywords:
Penggunaan Papan Pintar, Pemahaman Konsep PerkalianAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian matematika pada siswa kelas 4 di SDN 65 Kota Bengkulu melalui penggunaan media papan pintar. Media papan pintar dipilih karena kemampuannya dalam memberikan visualisasi yang interaktif dan mendukung pembelajaran matematika yang lebih efektif. Dari kegiatan ini ditemukan bahwa penggunaan media papan pintar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media ini, dengan meningkatnya minat belajar dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, implementasi media papan pintar juga menghadapi tantangan seperti ketersediaan teknologi dan perlunya pelatihan intensif bagi guru. Dengan demikian, pengabdian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan matematika yang inovatif dan berkelanjutan di lingkungan sekolah dasarReferences
Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 468–480.
Bugangan, S. D. N. (2024). Meningkatkan Pemahaman Materi Penjumlahan Sederhana Melalui Media Papan Pintar Pada Pelajaran Matematika Di Kelas I Sdn Bugangan 3. 10, 464–474.
Mahombar, A. (2024). Konsep Materi Getaran Dan Gelombang Analysis Of Understanding Concepts And Obstacles Understanding The Concept Of Vibration And Wave. 6(2). Https://Doi.Org/10.31605/Phy.V6i2.3683
Oktafia, P., Prastiwi, R., Hattarin, S., & Siswa, K. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Siswa Kelas Iii Sdn. 7, 4345–4350.
Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ii Sd Melalui Metode Jarimatika. 08(February), 1101–1111.
Wilianggi, P., Ariani, N. M., Syofiana, M., Risnanosanti, Jumri, R., Ramadianti, W., & Riwayati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Menggunakan Media Bangun Datar Segi Empat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2554–2562.
Yahya. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Ii Sdn 35 Pammanu. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiki Oktarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.