PENGGUNAAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS 4 DI SD 65 KOTA BENGKULU

Authors

  • Kiki Oktarina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30265

Keywords:

Penggunaan Papan Pintar, Pemahaman Konsep Perkalian

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian matematika pada siswa kelas 4 di SDN 65 Kota Bengkulu melalui penggunaan media papan pintar. Media papan pintar dipilih karena kemampuannya dalam memberikan visualisasi yang interaktif dan mendukung pembelajaran matematika yang lebih efektif. Dari kegiatan ini ditemukan bahwa penggunaan media papan pintar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media ini, dengan meningkatnya minat belajar dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, implementasi media papan pintar juga menghadapi tantangan seperti ketersediaan teknologi dan perlunya pelatihan intensif bagi guru. Dengan demikian, pengabdian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan matematika yang inovatif dan berkelanjutan di lingkungan sekolah dasar

References

Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 468–480.

Bugangan, S. D. N. (2024). Meningkatkan Pemahaman Materi Penjumlahan Sederhana Melalui Media Papan Pintar Pada Pelajaran Matematika Di Kelas I Sdn Bugangan 3. 10, 464–474.

Mahombar, A. (2024). Konsep Materi Getaran Dan Gelombang Analysis Of Understanding Concepts And Obstacles Understanding The Concept Of Vibration And Wave. 6(2). Https://Doi.Org/10.31605/Phy.V6i2.3683

Oktafia, P., Prastiwi, R., Hattarin, S., & Siswa, K. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Siswa Kelas Iii Sdn. 7, 4345–4350.

Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ii Sd Melalui Metode Jarimatika. 08(February), 1101–1111.

Wilianggi, P., Ariani, N. M., Syofiana, M., Risnanosanti, Jumri, R., Ramadianti, W., & Riwayati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Menggunakan Media Bangun Datar Segi Empat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2554–2562.

Yahya. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Ii Sdn 35 Pammanu. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Oktarina, K. ., Ariani, N. M. ., & Riwayati, S. . (2024). PENGGUNAAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS 4 DI SD 65 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5503–5507. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30265

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.