PELATIHAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.29957Keywords:
Artikel Ilmiah, Kualitas Pendidik, Pelatihan, PublikasiAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi artikel ilmiah di kalangan para pendidik dengan mengembangkan pelatihan khusus. Para pendidik sering menghadapi berbagai kendala seperti kurangnya waktu untuk menulis di tengah beban mengajar yang padat, minimnya akses terhadap sumber daya dan referensi ilmiah, serta kurangnya minat dalam menulis artikel. Oleh karena itu, pelatihan publikasi artikel ilmiah ini dianggap sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme mereka. Metode pelatihan ini terstruktur dalam empat tahap: yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Selama kegiatan ini, dilakukan pelatihan intensif dan pendampingan kepada 55 guru dan dosen. Hasilnya, para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Diharapkan, peningkatan ini tidak hanya memberi manfaat langsung bagi para peserta, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas publikasi ilmiah di bidang pendidikan, memperkuat reputasi akademik institusi, serta memberikan kontribusi yang lebih berarti dalam dunia pendidikan dan penelitian di masa yang akan datang.References
Afidah, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru di SDN Kecamatan Geger Kabupaten Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan penggunaan software mendeley untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6.
Apriyani, D. C. N. (2021). Materi Prasyarat Dan Miskonsepsi Terkait Keterampilan Aljabar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas Tahun (p. 92).
Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sd Di Sdn Margorejo Vi Surabaya. Prosiding Semadif, 1.
Gudiato, C., Mira, M., Kusnanto, K., & Cahyaningtyas, C. (2023). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2719-2725.
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8-13.
Hanum, N. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Pengembangan Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 38-50.
Isma, A., Ryketeng, M., & Hasdiansa, I. W. (2022). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. MALAQBIQ, 1(2), 1-9.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khasanah, U., Rahmawati, S., Fitriani, F., Nuzulla, A. F., & Laksana, M. A. S. (2023). Mewujudkan Kesadaran Baru Dan Perubahan Positif Di Komunitas Mahasiswa Melalui Pelatihan Menulis Makalah Ilmiah. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 681-686.
Marenden, V. (2021). Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu Sdm Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Era New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 1-14.
Sembiring, T. B., Dewi, R. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581-590.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
Syahrani, T., Meidy, R., Khasanah, S. F., Rama, K. S., Julica, L. A., & Anggraini, R. (2024). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Kualitas Penyusunan Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. JURNAL UNIV. BI MENGABDI, 3(1), 1-8.
Thahir, M., & Gunawan, I. (2024). Workshop Penggunaan Moodle sebagai Learning Management System. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(2), 251-264.
Thahir, M., Widiawati, M. P., & Wahyuni Thahir, S. S. (2024). Perencanaan Pendidikan: Upaya Membangun Modal Manusia Unggul. Indonesia Emas Group.
Wahyuni, F. S., & Anisa, A. (2023). Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam Meningkatkan Kualitas Guru di MI Negeri 2 Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31685-31691.
Warli, W., Sulistyaningrum, H., & Rahayu, P. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 77-89.
Wibowo, D. P., Arifianto, T., Kelibia, M. U., Mardikawati, B., Farlina, B. F., & Rahayu, D. A. (2023). WORKSHOP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL INTERNASIONAL TERINDEKS SCOPUS MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10667-10674.
Yudiawan, A., Rusdin, R., Chudzaifah, I., & Sari, F. (2020). Pendampingan dan Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel Ilmiah melalui Web Seminar pada masa pandemi COVID-19 di Papua Barat. Community Empowerment, 5(2), 64-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muthahharah Thahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










