PELATIHAN AKUNTANSI DASAR DI SMA SASANA BHAKTI KOTAMADYA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29821Keywords:
Pelatihan, Akuntansi, SinergiAbstract
Pelatihan akuntansi dasar di SMA Sasana Bhakti, yang diselenggarakan oleh tim dari Program Studi Akuntansi Universitas Widya Kartika, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akuntansi siswa dan mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Program ini merespons kebutuhan akan keterampilan akuntansi di era globalisasi dan teknologi. Permasalahan utama di SMA Sasana Bhakti adalah metode pembelajaran akuntansi yang konvensional. Pelatihan ini memperkenalkan penggunaan teknologi seperti Ms. Excel dalam pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan, serta pendekatan pembelajaran interaktif. Metode pelatihan melibatkan survei awal, konsultasi dengan pihak sekolah, dan penyusunan modul akuntansi dasar. Pelatihan diikuti oleh 18 siswa kelas XI dan XII dengan materi mencakup teori akuntansi, praktek pencatatan transaksi, dan penyusunan laporan keuangan. Pendekatan interaktif, termasuk penggunaan quiz dan hadiah, meningkatkan antusiasme peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan akuntansi siswa, meskipun terdapat tantangan dalam pemahaman konsep dan penggunaan aplikasi. Program ini berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di SMA Sasana Bhakti dan memperkuat sinergi antar institusi pendidikan. Saran yang diberikan mencakup peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan berkelanjutan, pendekatan interaktif, kolaborasi lebih lanjut, dan evaluasi berkala.References
Alqahtani, T., Badreldin, H. A., Alrashed, M., Alshaya, A. I., Alghamdi, S. S., bin Saleh, K., Alowais, S. A., Alshaya, O. A., Rahman, I., Al Yami, M. S., & Albekairy, A. M. (2023). The emergent role of artificial intelligence, natural language processing, and large language models in higher education and research. Research in Social and Administrative Pharmacy, 19(8), 1236–1242. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2023.05.016
Hutauruk, B. S., Pasaribu, T. K., Pasaribu, D. R., Simamora, R., Sinaga, A. T. I., Simamora, A. B., Siregar, N., Raulina, Bahri, S., Sinaga, R. Y., & Simanungkalit, R. H. (2024). PENERAPAN PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR DI 5 SD NEGERI 1 TURPUK LIMBONG KABUPATEN SAMOSIR. Journal Community Development, 5(3), 4312–4322.
Iromea, J., & Reynolds, M. (2021). Access, ethical leadership and action in Solomon Islands education: A tok stori. International Education Journal: Comparative Perspectives, 20(3), 31–44.
Liljedahl, P. (2019). A Commentary: Accounting-of and Accounting-for the Engagement of Teachers and Teaching (M. S. Hannula, G. C. Leder, F. Morselli, M. Vollstedt, & Q. Zhang (eds.); pp. 309–320). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-13761-8_14
Nisa, N. F., Chasanah, N., Maulana, R., & Kamil, N. (2024). OPTIMALISASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARIR GURU. Journal Community Development, 5(3), 4102–4107. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/27770
Sagri, M., Sofos, F., & Mouzaki, D. (2018). Digital Storytelling, comics and new technologies in education: Review, research and perspectives. International Education Journal, 17(4), 97–112. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85065512720&partnerID=40&md5=6f42c16f7380254b1f524ea282034aac
Trapnell, J. E., Mezzio, S. S., Dugan, M. T., & Dawkins, M. C. (2023). Accounting Education Disrupted: Certified Public Accountant. The CPA Journal, 93(9/10), 20–27. https://www.proquest.com/scholarly-journals/accounting-education-disrupted/docview/2886395937/se-2?accountid=31533
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A An Arief Jusuf, Marshela Sutrisno, Novianto Sebastian, Meyshela Vincentia, Daniel Daniel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










