MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI WUJUD NILAI RELIGIUSITAS SISWA SMP NEGERI 06 MUKO-MUKO

Authors

  • Fetri Novita Indah Lestari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kiagus Baluqiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29403

Keywords:

Budaya Literasi, Nilai Religiusitas, Kegiatan Literasi, Integrasi Nilai Religius

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi sebagai wujud religiusitas pada siswa SMP Negeri 06 Muko-Muko. Dalam pembahasan ini berlandaskan pada peran literasi dalam membentuk karakter dan moral siswa, yang berhubungan dengan nilai-nilai religius yang tertanam kuat dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga penelitian ini melibatkan siswa, guru, dan sekolah sebagai subjek penelitian. Hasil ini menunjukan bahwa dengan melalui adanya kegiatan literasi yang berbasis nilai-nilai religius dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca dan membantu siswa dalam mengintegrasikan nilai-nilai religius ke dalam aspek kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif. Menumbuhkan budaya literasi yang dipadukan dengan nilai-nilai religius sangat krusial dalam membentuk karakter siswa SMP Negeri 06 Muko-Muko yang berakhlak mulia dan berilmu luas. Dengan hal ini dapat menjadikan salah satu contoh terhadap sekolah lain untuk mengembangkan kegiatan literasi yang berorientasi dengan nilai-nilai religius.

References

Yusmar, F., & Masithoh, R. E. F. D. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA.

Smith, J. (2020). The Impact of Literacy Programs on Religious Values in Education. Journal of Educational Research, 15(2), 123-135.

Rofiq. (2022). Implementasi Program Literasi dan Pengaruhnya terhadap Minat Baca Siswa: Sebuah Kajian. Jurnal Pendidikan Literasi, 8(2), 45-58.

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1 (3), 373-381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.

Nurhayati, I., & Firdaus, A. (2020). Upaya Peningkatan Minat Baca Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Program Literasi Sekolah Di SMP Unggulan Uswatun Hasanah Cilegon. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 116-127.2017, 3(3), 116–127. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i2. 288.

Huda. (2020). Peran Budaya Literasi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Prestasi Siswa: Kontribusi terhadap Internalisasi Nilai-nilai Religius. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 120-135.

Kiayi. (2022). Pengabdian kepada Masyarakat dalam Pengembangan Literasi Berbasis Nilai-Nilai Religiusitas: Suatu Tinjauan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 30-42.

Kotijah. (2019). Pentingnya Membaca dalam Pengembangan Bidang Hukum: Suatu Tinjauan. Jurnal Pendidikan Hukum, 6(2), 78-91.

Maulidiyah, Iqlimah dan Sarwan. 2020. “Peran Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Kampoeng Batja Patrang Jember.” al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 141–63. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i2.30.

Oktaviarini, T. (2022). Pentingnya Literasi Budaya dan Seni di Pendidikan Dasar. Bandung: Pustaka Edukasi.

Nurhasanah, N. (2022). Peran Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter. Jakarta: Penerbit Ilmu Pendidikan.

Rahayu, S. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Guru. Yogyakarta: Media Edukasi.

Gusti, R. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jakarta: Penerbit Literasi Nusantara.

Halukati, W. (2024). Keefektifan Alat bantu Visual dalam Meningkatkan Literasi Berhitung di Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Anak.

Rachma, T. (2021). Peran Pojok Baca dalam Menumbuhkan Kompetensi Siswa. Surabaya: Penerbit Literasi Edukasi.

Nugraheni, D. (2019). Motivasi Membaca Siswa Melalui Metode Bercerita. Bandung: Penerbit Edukasi Anak.

Maulani, R. (2014). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Penerbit Akademia.

Pradana, A. (2020). Pojok Baca: Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas. Jakarta: Penerbit Edukasi Literasi.

Rebowo, T. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Surabaya: Penerbit Citra Pendidikan.

Central Connecticut State University. (2016). Most literate nations in the world. Retrieved from

http://www.ccsu.edu/MLN2016.

Alfath, A. (2021). Penggunaan Video dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Dewi, R. (2016). Materi Pembelajaran Berbasis Video. Bandung: Penerbit Literasi.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Lestari, F. N. I. ., & Baluqiah, K. . (2024). MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI WUJUD NILAI RELIGIUSITAS SISWA SMP NEGERI 06 MUKO-MUKO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4876–4881. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29403

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.