STRATEGI BERTAHAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19 DI JEMAAT GPM BETHEL KOTA AMBON

Authors

  • Novalien C Lewaherilla Universitas Pattimura
  • Gerrit M Pentury Universitas Pattimura
  • Victor Ernest Huwae Universitas Pattimura
  • Terezia V Pattimahu Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2935

Keywords:

Strategi Bertahan, UMKM

Abstract

UMKM mempunyai peran yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian. Oleh sebab itu, aktivitas UMKM merupakan kegiatan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan hidup di masa  Pandemi COVID-19.  Diperlukan strategi yang tepat demi keberlangsungan hidup UMKM.  Kegiatan pengabdian ini  bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi  pelaku UMKM di Jemaat GPM Bethel tentang strategi bertahan di saat Pandemic Covid 19. Yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk menjaga semangat berwirausaha bagi UMKM Di Jemaat GPM Bethel Ambon  dalam menghadapi masa sulit selama pandemic covid-19 serta membentuk dan memberikan pengarahan dalam menyusun strategi bertahan bagi UMKM yang terdampak covid-19. Strategi pemasaran melalui inovasi dan digital marketing, serta memiliki jiwa entrepreneurship yang tangguh sehingga pada akhirnya usaha kecil dapat bertahan di masa krisis. Adapun metode  yang digunakan dalam kegiatan ini adalah  Penyuluhan atau  Ceramah  yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah  terserapnya pengetahuan dan pembentukan motivasi diri dari pelaku UMKM melalui materi  yang dipahami sehingga UMKM  menemukan  strategi bertahan yang tepat  di masa pandemic Covid.

Author Biographies

Novalien C Lewaherilla, Universitas Pattimura

Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Gerrit M Pentury, Universitas Pattimura

Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Victor Ernest Huwae, Universitas Pattimura

Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Terezia V Pattimahu, Universitas Pattimura

Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

References

Anonim. 2017. Prosedur Pengurusan Ijin P-IRT. https://umkmjogja.com/prosedur-pengurusan-ijin-p-irt.htm

Maulidi, A. 2016. Pengurusan Perizinan P-IRT. https://www.kanal.web.id/2016/11/pengurusan-perizinan-pirt.html

Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.

Darwis Agustriyana et al. ( 2021)Bertahan Usaha pada UMKMdi tengah Pandemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksna Mengabdi Untik Negeri . hal 93-100

Hardilawati, W. L.(2019).The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–8

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.

Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri ,( 48-54)

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20(April)

Winardi J (2003). Entrepreneur dan Entrepreneuship. Penerbit Kencana Prenada

Downloads

Published

2021-11-22