PENERAPAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI: PELATIHAN DAN WORKSHOP UNTUK MASYARAKAT UMUM

Authors

  • Nayla Desviona Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Marwah Masruroh Politeknik Negeri Jakarta
  • Anisa Rahmawati Politeknik APP Jakarta
  • Rifki Chandra Utama Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29136

Keywords:

Matematika, Literasi, Pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari: Pelatihan dan Workshop untuk Masyarakat Umum" dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan literasi matematika di kalangan masyarakat umum. Banyak individu mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang berdampak pada pengambilan keputusan yang kurang efektif dalam manajemen keuangan pribadi dan analisis informasi statistik. Pelatihan ini dirancang untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan materi yang relevan dan praktis. Metode yang digunakan mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut, dengan fokus pada interaksi dan partisipasi aktif peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan matematika, terutama dalam manajemen keuangan, analisis statistik, dan logika matematika praktis. Tingkat kepuasan peserta juga sangat tinggi, menunjukkan keberhasilan metode yang digunakan. Kegiatan ini memberikan dampak positif yang signifikan dan berkelanjutan, memberdayakan masyarakat untuk lebih kompeten dalam menggunakan matematika untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

References

Aripin, I., Sugandi, M. K., Mu’minah, I. H., & Mulyani, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Abad 21. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150–158.

Awaris, Z. Y., Salwa, S., Aini, Q., Switrayni, N. W., Wardhana, I. G. A. W., Irwansyah, I., & Asmarani, E. Y. (2023). Pengenalan Konsep Teori Graf Di Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pepadu, 4(1), 95–102.

Fauzi, M., Halim, F. A., & Toib, I. (2021). Perbandingan hasil belajar connected mathematics project dengan pembelajaran konvensional pada siswa sma 1Moch. Fauzi, 2Fahmi Abdul Halim, 3Ibnu Toib. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 370–381.

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R. (2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18.

Fios, F., Marzuki, M., Ibadurrahman, I., Renyaan, A. S., & Telaumbanua, E. (2024). INNOVATIVE LEADERSHIP STRATEGIES FOR SCHOOL PRINCIPALS: BUILDING A HOLISTIC EDUCATIONAL ENVIRONMENT FOCUSED ON STUDENT ACHIEVEMENT IN THE ERA OF TECHNOLOGY AND GLOBALIZATION. International Journal of Teaching and Learning, 2(1), 266–281.

Kristanti, F., & Soemantri, S. (2022). Membangun Jiwa Tangguh Guru SD Muhammadiyah 9 Surabaya Melalui Pelatihan Edumat Psikososial. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3),

Lestari, H. P., Hartono, H., Binatari, N., Emut, E., Saptaningtyas, F. Y., & Krisnawan, K. P. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika SMK Se-Gunungkidul Melalui Workshop Pemodelan Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 66–70.

Marzuki, M. (2023a). PELAKSANAAN FUNGSI KOMUNIKASI ADMINISTRASI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MELAWI. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 1–12.

Marzuki, M. (2023b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa materi ekosistem di Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22269–22280.

Marzuki, M. (2023c). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang: The Effect of Using Video Media on Learning Outcomes in Human Digestive System Material in Class XI IPA B SMA Immanuel Sin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163.

Marzuki, M., & Bayer, M. (2023). PENERAPAN METODE RESITASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM KONDISI COVID 19 DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BELITANG HULU. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–24.

Nafi’an, M. I., Gufron, M., & Afifah, D. S. N. (2019). Pelatihan penyusunan soal matematika berbasis literasi dan pendampingan praktek evaluasi untuk meningkatkan kompetensi guru smp di kabupaten tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2), 80–85.

Narendra, R., & Swastika, G. (2023). SEKAPUR SIRIH TEORI GRAF DI SMK ISLAM KANIGORO KABUPATEN BLITAR. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(2).

Rahmad, I. N., Ayuningrum, S., Azizah, F. N., Azra, Q. A., & Marcella, Z. T. (2024). Penguatan Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 10–17.

Rahmawati, M. S. (2022). Workshop GeoGebra Dalam Penerapan Model Pembelajaran Sinektik dan Metode Discovery Learning. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 252–259.

Sugandi, E., Putri, R. K., Fathonah, N., & Fitriatien, S. R. (2023). WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINOMIAL BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA SE-SURABAYA. Pancasona: Pengabdian Dalam Cakupan Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 395–404.

Suharti, S. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1025–1038.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Zahyuni, V., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2021). Penerapan Pendekatan Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi Semester Ganjil 2021/2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 331–336.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Desviona, N. ., Masruroh, M. ., Rahmawati, A. ., & Utama, R. C. . (2024). PENERAPAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI: PELATIHAN DAN WORKSHOP UNTUK MASYARAKAT UMUM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4665–4670. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29136

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.