PENYULUHAN HUKUM BERSAMA MAHASISWA KKN URITETU TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN

Authors

  • Yonna Beatrix Salamor Universitas Pattimura
  • Anna Maria Salamor Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2894

Keywords:

Kekerasan, Pacaran, Mahasiswa

Abstract

Kekerasan bukanlah suatu hal yang mudah, sebab kekerasan pada dasarnya merupakan tindakan agresif yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Kasus kekerasan dalam pacaran bagaikan fenomena gunung es yang sebenarnya jauh lebih besar, namun ada banyak hal yang membuat kasus tersebut tidak dilaporakan kepada pihak yang berwenang mengenai kekerasan yang dialami bahkan kepada orang tuanya sendiri. Timbulnya kekerasan dalam berpacaran pada dasarnya merupakan salah satu bentuk ketidak mampuan seseorang dalam melakukan kontrol diri. Keadaan mental dan emosi yang masih labil akan mendorong remaja melakukan tindakan kekerasan tanpa berpikir panjang. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan serta konseling hukum bersama mahasiswa KKN di Kelurahan Uritetu. Setelah dilakukan kegiatan PKM, berdasarkan wawancara dengan babinkamtibmas kelurahan Uritetu, terjadi penurunan laporan masyarakat terhadap dugaan tindak pidana kekerasan selama pacaran. Hal ini dapat dilihat juga dari data, ditahun 2021 hanya tercatat 13 kasus kekerasan selama pacaran. Meningkatnya kesadaran muda mudi dalam etika berpacaran merupakan sebuah progress yang baik untuk mewujudkan masyarakat yang patuh dan taat hukum serta memiliki moral dan etika yang baik. 

Author Biographies

Yonna Beatrix Salamor, Universitas Pattimura

Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Pattimura

Anna Maria Salamor, Universitas Pattimura

Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Pattimura

References

Annisa Rifka. 2008. Kekerasan dibalik cinta. Yogyakarta: Rifka Annisa

Luhulima, S. 2000. Pemahaman Bentuk-bentuk Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Alternatif Pemecahan. Jakarta: PT. Alumni.

Pontoh, Rudi. 2006. Pacaran Sehat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Santoso, Thomas. 2002. Teori-Teori Kekerasan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santrock, J, W. 2007. Reamaja Edisi 11 jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Soesilowindradini. 2004. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya: PT Usaha Nasional

Sulaeman, M. (2019). Kekerasan terhadap perempuan: Tinjauan dalam berbagai disiplin ilmu & kasus kekerasan. Bandung: Refika Aditama

Soedarto. (1977). Hukum dan hukum pidana. Bandung: Alumni Bandung.

Soerjono Soekanto, (1982), Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum, Jakarta: CV Rajawali.

Widha Ayu Safitri, Dampak kekerasan dalam berpacaran, Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa UNEJ 2013,1(1):1-6.

Downloads

Published

2021-11-21 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). PENYULUHAN HUKUM BERSAMA MAHASISWA KKN URITETU TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1060–1063. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2894 (Original work published November 21, 2021)