PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD AL-KAUTSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28818Keywords:
Game Edukasi, P5, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dan digitalisasi sebagai inovasi dalam pendidikan di Mojokerto. Melalui wawancara dengan mitra, ditemukan beberapa permasalahan seperti minimnya pemanfaatan teknologi mobile learning dan kurangnya pemahaman tentang kearifan lokal. Tim pengabdi memberikan solusi dengan menyelenggarakan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan game edukasi berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan meliputi analisis situasi, pelatihan, pembuatan media pembelajaran, pendampingan, pelaporan, evaluasi, dan publikasi artikel jurnal. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan inovasi dalam pembelajaran dan melestarikan kearifan lokal Mojokerto.References
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2006). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Hermawan, W. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Game Base Learning (GBL) Dalam Pembelajaran Di Smp N 2 Ngronggot. Communnity Development Journal. Vol.5 (1), 1263-1269.
Mohammad, H. (2020). Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal. Malang: UMM Press.Aini, F. N. (2018). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 249–255.
Rafrastara. (2013). Game Edukasi: Permainan yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Ratna, N. (2011). Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Buletin Studi Ekonomi, 16(1), 51-60.
Sato, M. (2012). Mereformasi Sekolah, Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Wibowo, A. (2015). Kearifan Lokal dan Kearifan Budaya: Pengelolaan Ekowisata Berbasis Kearifan Lokal di Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(2), 74-87.
Widiastuti, R., & Setiawan, D. (2013). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Melingkar Untuk Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 2(2), 187-192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rani Jayanti, Wawan Hermawan, Tri Ratna Rinayuhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










