STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28563Keywords:
Pendidikan Multikultural, Keragaman Budaya, Toleransi.Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku, budaya, agama, dan ras. Keberagaman ini menjadi kekuatan sekaligus tantangan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai. Pendidikan multikultural memegang peranan penting dalam mengajarkan penghargaan terhadap perbedaan dan menanamkan nilai-nilai toleransi serta saling menghormati satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan pendidikan multikultural di Indonesia. Melalui studi literatur dan analisis mendalam, ditemukan empat strategi utama yang dapat diterapkan, yaitu merevisi kurikulum dengan memasukkan muatan multikultural, meningkatkan kompetensi guru dalam memahami dan mengajarkan nilai-nilai multikultural, menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai perbedaan, serta melibatkan masyarakat dan keluarga dalam penerapan pendidikan multikultural. Meskipun terdapat tantangan seperti adanya prasangka dan diskriminasi dalam masyarakat serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan multikultural, strategi yang tepat dan dukungan dari semua pihak dapat membantu mengembangkan pendidikan multikultural di Indonesia dan menjadikannya pondasi bagi terciptanya masyarakat yang saling menghargai dan hidup rukun dalam keragaman.Downloads
Published
2024-05-22
How to Cite
Idrus, I. A. ., Astuty, H. S. ., Kurnia, H. ., Jon, E. ., Rukhmana, T. ., & Ikhlas, A. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4418–4424. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28563
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Iqbal Aidar Idrus1
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.