OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN DESAIN PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DU’ ANAK

Authors

  • Muhammad Alif Nur Arifin Universitas Wiraraja
  • Maylania Eka Sari Universitas Wiraraja Madura
  • Dyan Nila Puttri Universitas Wiraraja Madura
  • Imam Wahyudi Universitas Wiraraja Madura
  • Melly Husaimah Universitas Wiraraja Madura
  • Putri Ayunda Aprilyana Universitas Wiraraja Madura
  • Ach Ubaidillah Universitas Wiraraja Madura
  • Mohammad Rofik Universitas Wiraraja Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.28559

Keywords:

Digital Marketing, Product Desaign

Abstract

Pada kegiatan ini bertujuan untuk membantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan memberikan motivasi dalam mengelola secara efektif terhadap promosi penjualan produk guna untuk meningkatkan penjualan UMKM Du’ Anak Desa Kasengan Tengah, kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep sebagai upaya untuk membangun perekonomian masyarakat Indonesia atau solusi keprihatinan terhadap bangsa Indonesia pada saat ini. Program pengabdian yang kami usulkan adalah "Optimalisasi Digital Marketing Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Du’ Anak. Bentuk dari program magang ini adalah pengembangan masyarakat dalam peningkatan penjualan UMKM melalu optimalisasi digital marketing dan desain produk. Metode yang akan digunakan dalam pencapaian tujuan yaitu dengan bermacam metode seperti sosialisasi, diskusi tanya jawab serta pendampingan. Program ini memiliki tujuan beberapa bentuk pengabdian untuk mewujudkan perkembangan UMKM Du’ Anak sebagai penggerak ekonomi di Desa Kasengan Tengah kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Melihat kondisi tingginya penggunaan sebuah media sosial dan beberapa perkembangan seperti market place yang sangat signifikan di Indonesia serta menjadi alasan utama mengapa UMKM Du’ Anak sangat perlu mengikuti perkembangan pemasaran produk yang sangat trend saat ini.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Arifin, M. A. N. ., Sari, M. E. ., Puttri, D. N. ., Wahyudi, I. ., Husaimah, M. ., Aprilyana, P. A. ., Ubaidillah, A., & Rofik, M. . (2024). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN DESAIN PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DU’ ANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6037–6042. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.28559