STRATEGI PENGUATAN USAHA KELOMPOK JASA BOGA DI LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28398Keywords:
Strategi, Penguatan Usaha, Jasa BogaAbstract
Saat ini Jasa Boga atau Katering merupakan usaha di bidang industri pengolahan makanan dan minuman yang semakin berkembang di masyarakat. Hal ini dikarenakan semua orang butuh makan dan gaya hidup masyarakat yang serba praktis untuk memenuhi kebutuhan pangan pribadi dan kelompok. Permasalahan yang ditemui oleh para pelaku usaha jasa boga di Lombok tengah yaitu masih rendahnya minat masyarakat untuk memanfaatkan usaha jasa boga ini, sehingga perlu untuk menaikkan kelas para UMKM di bidang usaha jasa boga. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi ibu-ibu pengelola usaha jasaboga adalah melakukan strategi penguatan usaha kelompok Jasa Boga di Lombok Tengah. Penguatan usaha dilakukan dengan memberikan penyuluhan dibidang sumber daya manusia, produksi, dan pemasaran. Kegiatan ditujukan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Lombok Tengah sebanyak 1 orang. Metode kegiatan yang dilakukan dimulai dari persiapan di lokasi dilanjutkan dengan pelaksanaan dengan pendekatan ceramah, diskusi tentang motivasi diri, kreativitas dan inovasi produk agar menjadi daya tarik ditengah keterbatasan, serta strategi pemasaran usaha jasa boga, dan dilanjutkan dengan pendampingan. Kegiatan berhasil ditandai dengan respon yang baik dan diskusi yang aktif dari para peserta. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat para anggota jasa boga mendapatkan pengetahuan strategi penguatan usaha untuk meningkatkan usaha dibidang jasa boga.References
Ahmed, R. R., Parmar, V., & Amin, M. A. (2014). Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior. European Journal of Scientific Research202X European Journal of Scientific Research, 120(2), 1450–216. https://doi.org/10.13140/2.1.2343.4885
Apriliyanti, Eka. (2011). Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan the Effect of Entrepreneur Personality , Entrepreneurship Knowledge , and Environment on Entrepreneurial Interest. 311–324.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital marketing: strategy, implementation and practice.
Chung and Megginson, 1981. Organizational Behavior: Developing Managerial Skills, Volume 2. HarperCollins Publishers.
Deiss, Ryan, and Ruus Henneberry. 2017. Digital Marketing For Dummies. Digital Marketing For Dummies®. Published by: John Wiley & Sons, Inc., 111 River Street, Hoboken, NJ 07030-5774, www.wiley.com. , New Jersey
Fadiati, Ari, & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=478098
https://id.wikipedia.org/wiki/Jasa_boga. Di download tg 10 Desember 2022
Lina. 2020. Pentingnya Penguatan UMKM dalam Pemulihan Sektor Pariwisata. https://pelakubisnis.com/2020/10/pentingnya-penguatan-umkm-dalam-pemulihan-sektor-pariwisata/. Di download tanggal 10 Desember 2022
Machfoedz. Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Ronteltap, A., Van Trijp, J. C. M., Renes, R. J., & Frewer, L. J. (2007). Consumer acceptance of technology-based food innovations: Lessons for the future of nutrigenomics. Appetite, 49(1), 1–17.
Robbins, S. P., & Judge, T. (2022). Organizational Behavior. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=X1WnzgEACAAJ
Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517. https://doi.org/10.1108/03090560710821279
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. doi:10.1016/j.bushor.2014.07.002 10.1016/j.bushor.2014.07.002
Usman, H. 2006. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi aksara. https://pustaka.pu.go.id/biblio/manajemen-teori-praktik-dan-riset-pendidikan/59JGE
Winardi. 2017. Entrepreneur & Entrepreneurship. Cetakan ke 5. Penerbit Kencana. Jakarta
Wibowo, A. 2011. Pendidikan Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/scholar?cluster=7219112278470246477&hl=en&oi=scholarr
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Santi Nururly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.