STRATEGI PENGUATAN USAHA KELOMPOK JASA BOGA DI LOMBOK TENGAH

Authors

  • Santi Nururly Universitas Mataram
  • Burhanudin Burhanudin Universitas Mataram
  • Sulaimiah Sulaimiah Universitas Mataram
  • Sulhaini Sulhaini Universitas Mataram
  • Nur Aida Arifah Tara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28398

Keywords:

Strategi, Penguatan Usaha, Jasa Boga

Abstract

Saat ini Jasa Boga atau Katering merupakan usaha di bidang industri pengolahan makanan dan minuman yang semakin berkembang di masyarakat. Hal ini dikarenakan semua orang butuh makan dan gaya hidup masyarakat yang serba praktis untuk memenuhi kebutuhan pangan pribadi dan kelompok. Permasalahan yang ditemui oleh para pelaku usaha jasa boga di Lombok tengah yaitu masih rendahnya minat masyarakat untuk memanfaatkan usaha jasa boga ini, sehingga perlu untuk menaikkan kelas para UMKM di bidang usaha jasa boga. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi ibu-ibu pengelola usaha jasaboga adalah melakukan strategi penguatan usaha kelompok Jasa Boga di Lombok Tengah. Penguatan usaha dilakukan dengan memberikan penyuluhan dibidang sumber daya manusia, produksi, dan pemasaran. Kegiatan ditujukan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Lombok Tengah sebanyak 1 orang. Metode kegiatan yang dilakukan dimulai dari persiapan di lokasi dilanjutkan dengan pelaksanaan dengan pendekatan ceramah, diskusi tentang motivasi diri, kreativitas dan inovasi produk agar menjadi daya tarik ditengah keterbatasan, serta strategi pemasaran usaha jasa boga, dan dilanjutkan dengan pendampingan. Kegiatan berhasil ditandai dengan respon yang baik dan diskusi yang aktif dari para peserta. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat para anggota jasa boga mendapatkan pengetahuan strategi penguatan usaha untuk meningkatkan usaha dibidang jasa boga.

References

Ahmed, R. R., Parmar, V., & Amin, M. A. (2014). Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior. European Journal of Scientific Research202X European Journal of Scientific Research, 120(2), 1450–216. https://doi.org/10.13140/2.1.2343.4885

Apriliyanti, Eka. (2011). Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan the Effect of Entrepreneur Personality , Entrepreneurship Knowledge , and Environment on Entrepreneurial Interest. 311–324.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital marketing: strategy, implementation and practice.

Chung and Megginson, 1981. Organizational Behavior: Developing Managerial Skills, Volume 2. HarperCollins Publishers.

Deiss, Ryan, and Ruus Henneberry. 2017. Digital Marketing For Dummies. Digital Marketing For Dummies®. Published by: John Wiley & Sons, Inc., 111 River Street, Hoboken, NJ 07030-5774, www.wiley.com. , New Jersey

Fadiati, Ari, & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=478098

https://id.wikipedia.org/wiki/Jasa_boga. Di download tg 10 Desember 2022

Lina. 2020. Pentingnya Penguatan UMKM dalam Pemulihan Sektor Pariwisata. https://pelakubisnis.com/2020/10/pentingnya-penguatan-umkm-dalam-pemulihan-sektor-pariwisata/. Di download tanggal 10 Desember 2022

Machfoedz. Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ronteltap, A., Van Trijp, J. C. M., Renes, R. J., & Frewer, L. J. (2007). Consumer acceptance of technology-based food innovations: Lessons for the future of nutrigenomics. Appetite, 49(1), 1–17.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2022). Organizational Behavior. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=X1WnzgEACAAJ

Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517. https://doi.org/10.1108/03090560710821279

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. doi:10.1016/j.bushor.2014.07.002 10.1016/j.bushor.2014.07.002

Usman, H. 2006. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi aksara. https://pustaka.pu.go.id/biblio/manajemen-teori-praktik-dan-riset-pendidikan/59JGE

Winardi. 2017. Entrepreneur & Entrepreneurship. Cetakan ke 5. Penerbit Kencana. Jakarta

Wibowo, A. 2011. Pendidikan Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/scholar?cluster=7219112278470246477&hl=en&oi=scholarr

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Nururly, S. ., Burhanudin, B., Sulaimiah, S., Sulhaini, S., & Tara, N. A. A. . (2024). STRATEGI PENGUATAN USAHA KELOMPOK JASA BOGA DI LOMBOK TENGAH . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4258–4263. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28398

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.