KECAKAPAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN MENABUNG UANG KOIN SEBAGAI BENTUK CINTA, BANGGA DAN PAHAM RUPIAH

Authors

  • Susana Purnamasari Baso Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Goreti Malut Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yustina Alfira Nay Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Fransiska Devaliana Ngadha Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Nomensia Lipat Balla Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28119

Keywords:

Literasi, Cinta Bangga Paham Rupiah, Uang Koin

Abstract

Tantangan jaman sekarang mengharuskan kita agar melek terhadap literasi keuangan karena akan mempengaruhi perilaku kita dalam mengelola keuangan dimasa yang akan datang. Bentuk uang, jenis uang, nilai uang dan kegunaan uang merupakan hal mendasar yang harus dipahami oleh semua masyarakat Indonesia yang menjadikan uang Rupiah sebagai alat tukar yang digunakan. Adanya fenomena yang terjadi dalam masyarakat kita khususnya pada anak-anak di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dimana minimnya atau kurangnya pengunaan akan uang koin khususnya pecahan 100 dan 200 rupiah menjadi kecemasan bagi perilaku dan kesadaran keuangan mereka dimasa depan.  Anak usia sekolah dasar menjadikan uang koin sebagai mainan dan bahkan dibuang. Anak-anak tidak akan mau menerima uang koin 100 dan 200 rupiah jika diberikan oleh orang tua untuk uang saku mereka ataupun sebagai uang kembalian ketika berbelanja. Melihat kondisi ini maka kami melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya bagi anak-anak Sekolah Dasar Donbosco 2 kota Kupang. Dimana kami melakukan sosialisasi literasi keuangan tentang Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dengan menabung uang koin 100 dan 200 Rupiah sebagai bentuk konkritnya. Dengan memberikan sosialisai ini akan menumbuhkan kesadaran keuangan pada anak-anak sekolah dasar Dobosco 2 Kupang  untuk  semakin gemar menabung agar dapat membentuk perilaku keuangan dan kesadaran keuangan bagi anak-anak kedepannya dan sekaligus semakin membuat anak-anak sekolah dasar cinta, bangga dan paham terhadap rupiah berapapun nilainya tanpa memandang bentuk fisik dari uang itu.

References

Hidajat, Taofik. (2015).Literasi keuangan. Semarang: Stie Bank BPD Jateng

Asari, Andi, dkk. (2023). Literasi Keuangan. Kota Malang: Madza Media

Undang-undang nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang

https:/www.bi.go.id

Ismanto, Hadi,dkk. (2019). Perbankan dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish

Kustiningsih, Nanik dan Ali, Farhan. (2022). Manajemen Keuangan: Dasar-Dasar Pengelolaan Keuangan. Sidoarjo: CV Globalcare

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mulyantini, Sri dan Indriasih, Dewi. (2021). Cerdas Memahami dan Mengelola Keuangan Bagi Masyarakat di Era Informasi dan Digital. Surabaya: Scopindo Media Pustaka

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Baso, S. P. ., Malut, M. G. ., Nay, Y. A. ., Ngadha, F. D. ., & Balla, M. N. L. . (2024). KECAKAPAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN MENABUNG UANG KOIN SEBAGAI BENTUK CINTA, BANGGA DAN PAHAM RUPIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4168–4171. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28119