PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN CORPORATE IDENTITY DAN ELEARNING BERBASIS MOODLE DI UPTD PLD KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27875Keywords:
Coorporate_Identity, ITB Stikom, PLTD_Kota Denpasar, Moodle, ElearningAbstract
Proposal ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi individu dengan disabilitas melalui peningkatan layanan yang disediakan oleh UPTD Pusat Layanan Disabilitas di Kota Denpasar. Salah satu pendekatan yang diusulkan adalah pendampingan dan pengembangan corporate identity, serta pengembangan platform eLearning berbasis Moodle. Diharapkan dengan identitas korporat yang kuat, masyarakat akan lebih percaya dan memiliki citra yang baik terhadap lembaga ini, sementara penggunaan eLearning akan memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran bagi individu dengan disabilitas. Melalui keterlibatan mahasiswa dan dosen dari Program Studi Sistem Komputer, pelatihan dan pendampingan akan diberikan untuk mengembangkan corporate identity dan membangun platform eLearning. Proses pengabdian ini dibagi menjadi beberapa tahapan kerja, termasuk perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Tahapan perencanaan mencakup sosialisasi kepada mitra, penyusunan program, dan modul pelatihan. Tahapan pelaksanaan melibatkan pelatihan dalam pembuatan corporate identity dan penggunaan eLearning. Pada tahap evaluasi, dilakukan analisis terhadap pencapaian target pengabdian dan respon mitra terhadap kegiatan. Tahap refleksi dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kendala yang muncul selama kegiatan.Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta sebesar 23%, dan dari evaluasi pelatihan, sebanyak 33% menyatakan pelatihan baik dan 67% menyatakan pelatihan sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan telah berhasil memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dan mendapat respon positif dari mereka.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Putu Gede Abdi Sudiatmika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.