PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE KEPADA UMKM CAFE MINI DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27554Keywords:
Aplikasi E-Commerce, Pelatihan, UMKM, Café MiniAbstract
Pengabdian masyarakat ini memberikan motivasi bagi masyakarat sebagai upaya meningkatkan pendapat bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) melalui penerapan meningkatkan penggunaan e-commerce sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi salah satu alat yang sangat penting bagi UKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Namun, masih banyak pelaku UKM yang belum memanfaatkan potensi penuh e-commerce ini. Penyuluhan dianggap sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka tentang manfaat serta cara efektif menggunakan platform e-commerce. Pendekatan penyuluhan yang efektif dalam memberikan informasi tentang konsep e-commerce, strategi pemasaran online, manajemen bisnis elektronik, dan aspek keamanan transaksi online kepada pelaku UKM. Dengan menyediakan pelatihan, panduan praktis, penyuluhan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan pelaku UKM dalam mengadopsi dan mengelola bisnis mereka melalui e-commerce.References
A Burda, S Khaerullah, R Haholongan.(2021).Cara Bijak Menggunakan Media Sosial Pada SMK NEGERI JAKARTA Timur, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) UNIVERSITAS BATURAJA 2 (1), 86-90
Anggraini, Oktiva Dan Supriynto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Periklanan Di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitaatif Indonesia. 117-126
Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.
E Elvira, UN Kholifah. R Haholongan (2023). Strategi perusahaan untuk meningkatkan karir karyawan: manajemen pengetahuan, persepsi keterampilan, persepsi sikap, dan motivasi kerja Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen 19 (2), 349-358
G Syamsuar, SH Sakti, B Pratama, IA Husen, R Haholongan (2023).Counseling on Transportation Logistics Curriculum Level III Jabodetabek Region Entrepreneurship and Community Development 1 (1), 24-30
Haholongan R, AL Diana. (2021).Dampak Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Indonesia. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8 (2), 138–143-138–143
K Krisnando, R Haholongan,(2019).Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated Bisnis Simulator (IBS) pada Guru SMK di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5 (1)
Kim, H. and Lennon, S. (2001). E-atmosphere, Emotional, Cognitive, and Behavioral Responses. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 14 No. 3, pp. 412-38.
Magrath, V dan McCormick, H. (2013). Marketing Design Elements of Mobile Fashion Retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal. Vol. 17 Issue: 1, pp.115-134.
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Riduwan, Iwan Muhammad; Fauzi, Abdurahman; Aisyah, Isah; Susilawati; Sofyan, Iwan. (2019). Penerapan Digitl Marketing Sebagai Peningkatan Pemsaran Pda UMKM Warung ngkringn “WGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI. Vol.2 No. Februari. Hal 37- 142.
R Haholongan, R Kananto, S Fazreen, DR Putri, AD Hapsari, N Nirmalisa, N.Septiana (2024).Penyuluhan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Kepada Pelaku Usaha Ikan Hias Jatinegara. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 3223-3227
R Haholongan (2016) Kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi perusahaan manufaktur go public.Jurnal ekonomi dan bisnis 19 (3), 413
R Haholongan.(2019).Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Melalui Perilaku Hidup Sehat Dan Bersih Pada Anak Dan Pengelola Panti Asuhan Tebet. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7 (1), 101-107
RP Dewi, K Krisnando, B Pratama, R Haholongan, T Prasetyo, A Aliyah. (2024). Penyuluhan Teknologi E-Comerce Dalam Perkembangan UMKM Street Food Di Rawamangun .MAJU: Indonesian Journal of Community Empowerment 1 (2), 40-46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rutinaias Haholongan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.