IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM GURU DAN ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PGSD UNITRI MALANG

Authors

  • Debrina Rahmawati Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Wahyu Hindiawati Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Kardiana Metha Rozhana Universitas Tribhuwana Tungga Dewi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27512

Keywords:

Perlindungan Hukum, Guru, Anak

Abstract

Pemahaman terhadap perlindungan hukum saat ini sangatlah penting bagi calon guru PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) guna memastikan efektivitas dan profesionalisme dalam profesi mengajar. Permasalahan PGSD Unitri dalam memberikan pengetahuan terkait dengan perlindungan hukum kepada guru dan anak belum terpenuhi, mengingat PGSD Unitri belum memiliki tenaga pengajar yang memiliki kompetensi di bidang hukum, sehingga dalam memberikan materi tersebut memerlukan bantuan dari pihak lain. Metode pelaksanaan terdiri dari 2 tahap yaitu (1) Tahap persiapan yang terdiri dari koordinasi dengan KPS PGSD Unitri terkait dengan kebutuhan mitra, persiapan kuisioner sebelum sosialisasi dan penyiapan materi sosialisasi serta buku saku, (2) Tahapan Pelaksanaan yaitu sosialisasi beserta tanya jawab dan pembagian buku saku tentang sosialisasi perlindungan hukum guru dan anak dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini maka (1) Dapat memberikan pengetahuan tentang perlindungan hukum terhadap anak dan (2) Memberikan pengetahuan tentang perlindungan hukum terhadap guru yang sedang bertugas dalam proses belajar mengajar. Hasil Pengabdian sebagai berikut: Kegiatan Pengabdian Masyarakat di PGSD Unitri Malang meningkatkan pengetahuan mahasiswa PGSD untuk memahami pentingnya perindungan hukum dalam proses belajar mengajar. Dari sebaran angket yang telah dibagikan diperoleh hasil yang sangat signifikan  yaitu pengetahuan mahasiswa tentang perlindungan hukum guru dan anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil sebelum diadakan sosialisasi dan setelah diadakan sosialisasi. Sebelum sosialisasi Hasil Pre Test menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 73, 33 dengan nilai tengah 70. Sedangkan setelah sosialisasi Hasil Pos Test adalah sebesar 81,49 dengan nilai tengah 80.

References

Hizkia AP & Mahimma R. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah dalam Pemilahan Sampah organik dan anorganik di Desa Penanggungan. Jurnal Pngabdian Pada Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(4), 149. DOI: https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i4.798

Lisdiyana. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Al-Miskawaih: Journal of Science Education (MIJOSE), 2(2), 226.

Resti S & Rendi NF. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8 (2). 108. DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Setyono.(2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Bulletin Dalam Bentuk Buku saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Bulletin Buku Universitas Sebelas Maret. 1(1), 118.

Sugiyono. (2013) . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto & Asep J. (2013). Menjadi Guru Profesional; Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Wahyudin Nur Nasution. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing

Zakiah,N.H., dkk. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education. 5(3), 9258-9269. DOI:

Downloads

Published

2024-04-21

How to Cite

Rahmawati, D. ., Hindiawati, W. ., & Rozhana, K. M. . (2024). IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM GURU DAN ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PGSD UNITRI MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3782–3787. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27512