PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: STUDI KASUS UMKM LOKAL “NASI LIWET AYAM SAMBEL MATAH”
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27510Keywords:
Strategi Diferensiasi Produk, Kinerja Manajerial, Manajemen Operasional UMKM.Abstract
Kinerja usaha yang diharapkan dapat dicapai dengan menerapkan strategi diferensiasi produk UMKM lokal “nasi liwet ayam sambel matah” dan kemampuan manajerial. Terdapat pengaruh langsung antara strategi diferensiasi produk dan kemampuan manajerial yang dimiliki oleh pimpinan/pemilik perusahaan terhadap peningkatan kinerja usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi diferensiasi produk dan kemampuan manajerial terhadap kinerja usaha UMKM lokal. Penelitian ini ditunjukkan untuk menguji pengaruh strategi diferensiasi produk dan kemampuan manajerial terhadap kinerja usaha baik secara parsial pada UMKM lokal “nasi liwet ayam sambel matah”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara dengan pihak UMKM. .Hasil Wawancara menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk, kemampuan manajerial, dan kinerja usaha UMKM lokal “nasi liwet ayam sambel matah” dalam semua bidang dapat dikatakan cukup baik. Secara simultan, pengaruh strategi diferensiasi produk dan kemampuan manajerial terhadap kinerja usaha pada UMKM “nasi liwet ayam sambel matah” lokal Padalarang cukup baik.References
Aditya Anggara. (2018). Hubungan Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Dan Kemampuan Manajerial Terhadap Kinerja Usaha (Studi Kasus Pada Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Tulip Brownies Padalarang Bandung Barat)
Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. Bandung: CV. Pustaka Setia
Murdifin Hamming, dan Mahfudz Nurnajamuddin. 2007. Manajemen Produksi Modern “Operasi Manufaktur dan Jasa”. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Santika, A., Aliyani, R., & Mintarsih, R. (n.d.). PERSEPSI DAN INTENSI PELAKU UMKM TERHADAP PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL DI KOTA
Fidela, A., Pratama, A., Nursyamsiah, T., & Korespondensi, P. (n.d.). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang Development Of Micro Small and Medium Enterprises (Smes) With The Marketing Program Of Guava Village In Jambu Village, Sumedang District. In Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Mei (Vol. 2020, Issue 3).
Pinasti, M. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam PengelolaanUsaha Para Pedagang Kecildi Pasar Tradisional KabupatenBanyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi
Rangkuty F. 2010. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis KasusIntegrated Marketing Communication. Jakarta (ID): GramediaPustaka Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Etty Zuliawati Zed
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.