EDUKASI UJI KOMPETENSI AKUNTANSI DALAM MENDUKUNG LULUSAN YANG BERKOMPETENSI PADA SMK TRITECH INFORMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27426Keywords:
Uji Kompetensi Akuntansi, Aplikasi MYOB, BerkompetensiAbstract
Artikel ini membahas tentang pentingnya uji kompetensi akuntansi di sekolah menengah kejuruan (SMK). Uji kompetensi memberikan penilaian objektif terhadap keterampilan siswa dalam bidang akuntansi. Hal ini membantu mereka memahami sejauh mana pemahaman dan keterampilan mereka dalam topik-topik yang terkait dengan akuntansi. Hasil dari uji kompetensi dapat membantu siswa dan guru memetakan area-area di mana siswa memiliki kekuatan dan kelemahan. Informasi ini dapat digunakan untuk merancang program pembelajaran yang lebih terarah dan efektif. Lebih lanjut, pada artikel ini melakukan fokus terkait penggunaan aplikasi perangkat lunak akuntansi seperti MYOB. Dengan aplikasi ini selanjutnya, siswa diberi tugas untuk memasukkan data keuangan, menyiapkan laporan keuangan, dan melakukan analisis menggunakan perangkat lunak tersebut dengan membagi kedalam beberapa tim. Hal ini membantu para siswa memperoleh keterampilan praktis dalam penggunaan alat-alat yang digunakan di dunia kerja. Selanjutnya, dalam pelatihan ini, siswa harus memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar akuntansi, seperti pencatatan transaksi, pengelompokan akun, persiapan laporan keuangan, dan lain sebagainya. Langkah-langkah yang dilakukan ini diharapkan dapat membentuk generasi yang tangguh, dan berkompetensi sehingga dapat berdaya saing dalam dunia kerja nantinya.References
Alkahfi, B. D. (2023). Pelatihan Pengunaan Aplikasi Myob Bagi Siswa Kelas Xii Smk Pgri 1 Prabumulih Dalam Rangka Persiapan Mengadapi Ujian Kompetensi Kejuruan. Proficio, 4(2), 28–34. https://doi.org/10.36728/jpf.v4i2.2608
Apriliyani, I. F. S. I. I. B. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Komputer Pelatihan Akuntansi Sebagai Media Peningkatan Kompetensi Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa SMK Keuangan Pekanbaru akuntansi , dimana penyusunan laporan keuangan penuh inovasi , fleksibel , kebutuhan usaha di Indonesia , Ol. Community Engagement & Emergence Journal, 2(3), 102–109.
Arahman, N. H. (2024). Efforts to Increase Awareness of Saving Culture among Students at Budisatrya High School in Medan. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1417–1423.
Fatimah, S. F. A. S. (2022). Gambaran Efikasi Diri Siswa Kelas Xii Akuntansi Dan Keuangan Lembaga (Akl) Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (Ukk) Di Smk Mahardika Batujajar Pada Masa Pandemi Covid-19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(5), 367–377. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i5.9191
Furqorina, M. E. A. S. R. F. H. R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Akuntansi Di Kota Malang. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 23–29. https://doi.org/10.37303/peduli.v5i1.224
HS, N. M. E. H. S. R. A. W. H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Pengepakan Ikan Asin Menjadi Inovatif di Pulai Kampai Langkat. Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 83–91.
Kumbangsila, S. K. E. S. K. S. (2022). Pelatihan Komputer Akuntansi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buru Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, 5(2), 25–33.
Kusumastuti, H. I. S. E. D. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Puragabaya Kota Bandung Dalam Menyusun Laporan Keuangan Untuk Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian Bidang Akuntansi. Difusi, 4(1), 1–9.
Listari, S. (2021). Uji Kompetensi Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Telekomedika Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 77–82. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.923
Martin, N. A. F. A. H. V. W. S. (2021). Meningkatkan Kesadaran Akan Pendidikan, Warisan Dan Pernikahan Dini pada SMA Taruna Bangsa. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.29062/janaka.v3i2.283
Muthmainnah, A. A. I. I. S. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Era Digital Melalui Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 479. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7956
Purba, E. P. T. P. V. T. W. J. T. D. S. (2021). Pkm Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri 1 Pematangsiantar. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5735
Riyanah, A. Y. R. N. P. N. S. (2023). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai Alat Ukur Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Islam Darurrohman Sukawangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 123–128. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i3.284
Sihombing, N. S. C. W. H. H. R. A. E. H. (2021). Efforts to Increase Investment Awareness Desa Harapan Baru. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 292–300. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i2.1368
Ulfa, S. F. D. M. P. A. F. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi bagi Guru SMK Akuntansi se-Kabupaten Tulungagung untuk Menghadapi Persaingan Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 281–286. https://doi.org/10.54082/jamsi.18
Widodo, N. K. E. J. W. K. H. N. M. K. W. (2022). Pendampingan Uji Kompetensi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Smk Muhammadiyah Pontang. Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1806–1812.
Wulaningrum, E. R. M. I. R. (2022). Strengthening Vocational Accounting Graduates for Competence Certification in East Kalimantan. ETAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adi Harianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.