PEMBENAHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 4 BARRU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27312Keywords:
Pembenahan, Lingkungan Sekolah, SMKN 4 BarruAbstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Barru sejak tanggal 10 Oktober 2023 sampai tanggal 22 Desember 2023 . Sekolah yang menjadi tujuan PPL yang beralamat di Doi-Doi, Kec. Pujananting, Kab. Barru. Berbagai program PPL yang telah dilaksanakan yaitu mulai dari tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksaan. Hasil yang dicapai dari pelaksaan program tersebut adalah memberikan perubahan proses siswa dalam belajar, khususnya dalam pembenahan lingkungan sekolah. Secara garis besar program-program dalam pembenahan lingkungan sekolah dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi sekolah kemajuan penyusun, siswa, guru dan utamanya sekolah. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Makassar untuk turut berkotribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNM XXVII diharapkan dapat membuat perubahan pada sekolah utamanya dalam pembenahan lingkungan sekolah, sebagai upaya memajukan program yang telah dilaksanakan.References
Ismail, M.J. (2021) ‘Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah’, Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), pp. 59–68.
Julhadi, M.A. (2021) PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI PERGURUAN TINGGI: Teori dan Praktik. EDU PUBLISHER.
Kadir, A. (2013) ‘Signifikansi Strategi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan dalam Membentuk Prilaku Siswa Berwawasan Lingkungan’, Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), pp. 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herman H, Muhammad Reyvaldhi Nurfebri Dewantara, Agus Sutriawan, M Imran Hasanuddin, Muh. Arifai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.