PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA UNTUK KEBERLANGSUNGAN USAHA DI KELURAHAN KEMBANGAN SELATAN, JAKARTA BARAT

Authors

  • Dewi Murtiningsih Universitas Mercu Buana
  • Rona Tumiur Mauli Caroline Universitas Mercu Buana
  • Ana Christian Silaban Universitas Mercu Buana
  • Vidya Ayu Diporini Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27181

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat; Social Media; Keberlangsungan Usaha

Abstract

Pemilihan penggunaan pemasaran melalui social media menjadi pilihan utama yang dilakukan oleh pelaku usaha, sekarang ini penggunaan media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi. Social media memiliki dampak besar pada keberlangsungan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dampak yang terjadi ini antara lain penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat. Di era industri 4.0 konektivitas internet merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dalam segala bidang. Mengingat hal tersebut, maka sudah selayaknya UMKM mengadaptasi beragam hal yang penting agar mampu memanfaatkan era Industri 4.0 dengan baik. Para pelaku usaha harus memahami teknologi informasi, minimal dapat memanfaatkan gadgetnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberi sosialisasi terkait pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran digital guna peningkatan penjualan produk guna keberlangsungan usaha. Adapun manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu pelaku UMKM di Kelurahan Kembangan Selatan Jakarta Barat, sebagai dukungan kegiatan pendidikan bagi kita sendiri sebagai sarana dalam melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu mengimplementasikan social media sebagai pemasaran digital dimana akan terus memberikan sifat yang up to date sehingga dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah terhadap konsumen. Luaran dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang di laksanakan di Kelurahan Kembangan Selatan Jakarta Barat yaitu: Publikasi ilmiah pada jurnal ber ISSN/prosiding, Publikasi pada media masa cetak/online/repocitory perguruan tinggi, Peningkatan daya saing (peningkatan kualitas, kuantitas, serta nilai tambah barang, jasa, diversifikasi produk, atau sumber daya lainnya), Peningkatan penerapan iptek di masyarakat (information technology, dan manajemen), Perbaikan tata nilai masyarakat (pendidikan).

References

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. 2020. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.

Awali, H., & Rohmah, F. 2020. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA?: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Damayanti; Bulan, Wahidah R. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. ISBN : 978-602-73114-5-9 (online). ISBN : 978-602-73114-4-2 (Cetak).

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. 2022. Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Mahmud, Muliyani. 2022. Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi. Volume 02, Nomor 01, Bulan November 2022. E-ISSN: 2808-8883. 20-28.

Nurani, N., Eni Widhajati, Eni minarni, & Mukhamad Eldon. 2021. Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Janita?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45– 52. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v1i1.260.

Pratiwi, T. A., & Bungin, H. M. B. (n.d.). Kebebasan Berpendapat Melalui Facebook Dan Twitter?:

Ramadhani, S. E. P., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. 2022. Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, Volume 3 N, 47–56. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i.

Rosmadi, M. L. N. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Ekonomika, 4(1), 122-127.

Sáenz, Kianto, A., J., & Aramburu, N. 2017. Knowledge-based human resource management practices, intellectual capital and innovation. Journal of Business Research, 81, 11-20. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.07.018.

Schachter, Edwards M. 2018. The nature and variety of innovation. International Journal of Innovation Studies, 2(2), 65-79. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2018.08.004.

Sopanah & Purnomowati, W. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Malang. Simposium Riset Ekonomi III. https://doi.org/10.1016/j.respol.2017.01.012.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Murtiningsih, D., Caroline, R. T. M. ., Silaban, A. C. ., & Diporini, V. A. . (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA UNTUK KEBERLANGSUNGAN USAHA DI KELURAHAN KEMBANGAN SELATAN, JAKARTA BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3462–3469. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27181