PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI GERAKAN LITERASI DI RUMAH BELAJAR PATMOS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27167Keywords:
Literasi, Minat Baca, Rumah BelajarAbstract
Membaca merupakan salah satu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran. Melalui membacalah berbagai ilmu pengetahuan, yang dapat mengantarkan pada kesuksesan, bisa kita dapatkan. Kemampuan literasi membaca yang rendah di kalangan masyarakat Indonesia khususnya pada anak-anak mendorong kegiatan pengabdian ini diadakan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa para tenaga pengajar di rumah belajar Patmos masih pasif dalam melaksanakan gerakan literasi membaca. Para tenaga pengajar tersebut belum secara aktif memberi perhatian pada upaya peningkatan literasi membaca para anak-anak. Melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, tim pengabdian kepada masyarakat berusaha untuk menumbuhkan kecintaan membaca siswa melalui penerapan gerakan literasi membaca. Salah satu cara, dengan pengadaan pondok baca di rumah belajar Patmos. Kegiatan dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Dengan upaya penerapan gerakan literasi membaca, anak-anak di rumah belajar Patmos menjadi lebih antusias dan termotivasi untuk lebih meningkatkan minat dalam membaca.References
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76.
Maulida, H. N. (2015). 120.685 Peran Perpustakaan Daerah. 09(02), 235–251.
Muti’ah, R., Ritonga, M., Bangun, B., Harimansyah, Febrianto, D., & Sulaiman, S. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Baca Tulis Masyarakat. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 141–146. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp141-146
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Pradana, F. A. P. (2020). Putri Pradana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 81–85.
Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Terampil, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 1–23.
Tressa Linanda, & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.1836
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Janwar Tambunan, Lois Oinike Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.