OPTIMALISASI PERAN DINAS KOPERASI DAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM 4 P GUNA TERWUJUDNYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27089Keywords:
Optimalisasi Dinas Koperasi dan UMKM, Pelayanan Publik, Program 4P, Kesejahteraan MasyarakatAbstract
Penelitian ini membahas optimalisasi peran Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Semarang melalui program 4P untuk meningkatkan pelayanan publik dan mencapai kesejahteraan masyarakat. Melibatkan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian menunjukkan implementasi holistik program 4P dengan fokus pada pemasaran, pemberdayaan, permodalan, dan pelayanan. Kendala seperti keterbatasan sumber daya dan ketidakpastian ekonomi tetap menjadi tantangan. Partisipasi pelaku usaha mikro dalam program ini meningkatkan aspek pemasaran, pemberdayaan, akses permodalan, dan kualitas pelayanan, seiring dengan korelasi positif dengan indikator kesejahteraan masyarakat. Implikasi kebijakan melibatkan peningkatan alokasi sumber daya, kolaborasi dengan swasta, dan pemanfaatan teknologi informasi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif pada pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat Kota Semarang.References
Arsinta, Yuan, and Widiyanto, ‘Strategi Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi Pada Dinas Koperasi Kota Semarang’, Economic Education Analysis Journal, 7.1 (2018), 251–63
Habsy, Bakhrudin All, ‘Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling?: Studi Literatur’, JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1.2 (2017), 90
Hidayah, Nurul, and Achma Hendra Setiawan, ‘Analisis Perkembangan UMKM Binaan Yang Memperoleh Kredit Wibawa Dari Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Semarang’, Diponegoro Journal of Economics, 9.1 (2020), 98–109
Ningrum, D P, M K Widiyanto, and T Yuliyanti, ‘Peran Dinas Koperasi Dan UMKM Dalam Pemberdayaan UMKM Di Kota Surabaya’, Sumber, 2018, 171–76
Pasaribu, Rotumiar, ‘Optimalization of Online Media As a Solution for Msme Marketing Promotion in Semarang Through Covid-19 Pandemic’, Jurnal Komunikasi Dan Media, 01.01 (2020), 33–44
Puji Lestari, Fibria Anggraini, ‘Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Sosio E-Kons, 10.2 (2018), 179
Romadhon, Fitri, and Alfiana Fitri, ‘Analisis Peluang Dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya Optimalisasi Potensi UMKM (Studi Kasus UMKM Di Gresik)’, Jurnal TECHNOBIZ, 3.1 (2020), 30–44
Soviana Putri, Desita, and Nurhadi, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Era New Normal Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul’, Jurnal Enersia Publika, 5.1 (2021), 342–53
Sri Rahayu, Rian, ‘Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran’, 1.4 (2018), 149
Tri, Danuar Dani, and Darwanto, ‘Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang’, Ilmu Ekonomi, 2 (2013), 1–40
Widagdo, Dimas Dzakwan Putro, ‘Upaya Digitalisasi Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Rangka Pemberdayaan Usaha Mikro Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah’, 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Sinta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.