SOSIALISASI PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU USAHA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27088Keywords:
Pembayaran digital, QRIS, Preferensi Konsumen, UMKM, SosialisasiAbstract
Banyak konsumen beralih ke pembayaran digital karena adanya sejumlah faktor yang memengaruhi preferensi dan perilaku konsumen terkait teknologi pembayaran digital. Salah satu faktor utama adalah kenyamanan dan kemudahan. Quick Response Indonesian Standard (QRIS) telah menjadi standar pembayaran digital di Indonesia yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui platform apapun, termasuk aplikasi perbankan, dompet digital, atau mesin EDC.Tujuan pengabdian ini menjadi salah satu metode efektif untuk menyampaikan informasi tentang QRIS kepada pelaku usaha UMKM. Dalam workshop tersebut, dapat belajar secara langsung tentang langkah-langkah praktis dalam mengimplementasikan QRIS dalam operasi harian .Metode pengabdian ini bersifat hybrid yaitu pemberian materi melalui via zoom meeting dan kunjungan langsung kepada pelaku usaha UMKM di Pusat Souvenir dan Kuliner UMKM Kota Tua (Souvenir and Culinary). Hasil pengabdian ini memberikan solusi dengan luaran diantaranya Peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknologi pelaku usaha UMKM terkait QRIS, Penyediaan solusi keamanan dan privasi data yang memadai untuk mitra, terakhir Meningkatnya tingkat penerimaan konsumen terhadap pembayaran digital menggunakan QRIS dengan strategi yang telah diberikan.References
Alshurideh, M. T. (2021). The moderation effect of gender on accepting electronic payment technology: A study on United Arab Emirates consumers. Review of International Business and Strategy, 31(3).
Anggarini, D. (2022). Application of Quick Response Code Indonesian as a Payment Tool in Digitizing MSMEs. Sentralisasi, 11(1), 1-14. doi: 10.33506/sl.v11i1.1504
Anandha, V. and Mukhlis, I. (2022). Peran Financial Technology Linkaja Pada Mahasiswa di Kota Malang. Akuntabel, 19(2), 459-467. doi: 10.30872/jakt.v19i2.11100
Awinja, N. and Fatoki, O. (2022). Effects of Workload on Teacher Burnout in Public Secondary Schools in Tharaka Nithi Country, Kenya. African Journal of Empirical Research, 3(1), 189-207. doi: 10.51867/ajer.v2i1.16
Balakrishnan, V., & Shuib, M. L. M. (2021). Drivers and inhibitors for digital payment adoption using the Cashless Society Readiness-Adoption model in Malaysia. Technology in Society, 65. Doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101554
Demirgüç-Kunt, A., Klapper, L., Singer, D., & Oudheusden, P. (2015). The global findex database 2014: Measuring financial inclusion around the world. doi: 10.1596/1813-9450-7255
Fan, A., Wu, L., & Liu, Y. (2022). To display tip suggestion or not? Examining tip suggestion’s impact in technology-facilitated preservice tipping encounters. Journal of Hospitality & Tourism Research, 48(1), 32-57. doi: 10.1177/10963480221076467
Goel, N. and Nath, V. (2020). An exploratory study on digital payment systems and its impact on trust and continuance intention in newly remonetized and digitized era. SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3562948
Hiswati, M., Wanda, P., Ordiyasa, I., & Utami, L. (2022). Model Digital Marketing Terintegrasi UMKM Melalui Aplikasi untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Tanaman Biofarmaka. Seminar Nasional Teknik Elektro Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1). doi: 10.35842/sintaks.v1i1.27
Khan, M. (2021). Netizens’ perspective towards electronic money and its essence in the virtual economy: an empirical analysis with special reference to Delhi-ncr, India. Complexity, 2021, 1-18. doi: 10.1155/2021/7772929
Mahastanti, L. and Utoyo, D. (2022). Pengaruh Payment Gateway (Go-pay) terhadap Kinerja Finansial UMKM di Kota Salatiga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 105-116. doi: 10.26740/jepk.v10n2.p105-116
Majid, N., K.W, N., & Fitriyah, Z. (2022). Analisis Kluster Usaha dalam Membangun Ekonomi Berbasis Digitas pada UMKM di Kawasan Surabaya Timur. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(2), 46-55. doi: 10.32524/jkb.v20i2.570
Marisa, F., Silviana, S., Sahbana, M., & Rofii, F. (2022). Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Workshop Digital Marketing dan Kolaborasi Pada Asosiasi UMKM “Akukarlos” Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks Soliditas (J-Solid), 5(2), 307. doi: 10.31328/js.v5i2.4061
Mayanti, R. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan User terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard sebagai Teknologi Pembayaran pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123-135. doi: 10.35760/eb.2020.v25i2.2413
Park, J., Amendah, E., Lee, Y., & Hyun, H. (2018). M?payment service: Interplay of perceived risk, benefit, and trust in service adoption. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, 29(1), 31-43. doi: 10.1002/hfm.20750
Peral, B., Ramos, Á., & Arenas-Gaitán, J. (2019). Self-efficacy and anxiety as determinants of older adults’ use of internet banking services. Universal Access in the Information Society, 19(4), 825-840. doi: 10.1007/s10209-019-00691-w
Poetro, B. and Haviana, S. (2022). Pendampingan Pengembangan Teknologi Informasi pada UMKM Rangkul Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 66. doi: 10.30659/ijocs.4.1.66-73
Prakoso, S., Amalina, N., Erikawati, N., Aisah, N., & Danuari, A. (2023). Manajemen Pengetahuan Bisnis dalam Transformasi Digital sebagai Sinergi Internal Process Collaboration. Remik (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 7(1), 775-783. doi: 10.33395/remik.v7i1.12156
Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap umkm di indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380
Sari, A. and Adinugraha, H. (2022). Implementation of QRIS-based payments towards the digitalization of Indonesian MSMEs. Ekonomika Syariah Journal of Economic Studies, 5(2). doi: 10.30983/es.v5i2.5027
Sari, N. (2022). Kolaborasi Fintech Perbankan dan Implikasi Pada UMKM Halal di Indonesia. Jurnal Syarikah Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1-10. doi: 10.30997/jsei.v8i1.4087
Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2022). Determinants of QRIS Adoption Intention for MSMEs: Identification During Covid-19. Proceeding of The International Conference on Economics and Business, 1(2).
Singh, N., Srivastava, S., & Sinha, N. (2017). Consumer preference and satisfaction of M-wallets: a study on North Indian consumers. The International Journal of Bank Marketing, 35(6), 944-965. doi: 10.1108/ijbm-06-2016-0086
Sihaloho, J., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287. doi: 10.38043/jmb.v17i2.2384
Sivathanu, B. (2019). Adoption of digital payment systems in the era of demonetization in India. Journal of Science and Technology Policy Management, 10(1), 143-171. doi: 10.1108/jstpm-07-2017-0033
Surya, H., Andung, P., & Tuhana, V. (2021). Komunikasi Korporasi dalam Kampanye Digital Program Qris Lembaga Bank Indonesia NTT. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(2), 52-61. doi: 10.51977/jdigital.v3i2.485
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eri Mardiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.