PENINGKATAN BUDAYA LITERASI NUMERASI ANAK, MELALUI MEDIA BELAJAR DIGITAL DI DESA DAULU KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27056Keywords:
Literasi, Numerasi, Media Belajar Digital, Kegiatan Les.Abstract
Literasi numerasi merupakan keterampilan ilmu dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya pembangunan manusia dalam rangka membangun bangsa secara berkelanjutan. Banyak strategi dan cara yang dapat diimplementasikan dalam peningkatan pengetahuan literasi dan numerasi. Indonesia adalam penelitian PISA tahun 2022 menunjukkan literasi dan numerasi anak Indonesia masih dalam kategori rendah, berada pada peringkat 68. Walaupun beberapa strategi dan program yang disiapkan pemerintah dan masyarakat untuk peningkatan literasi numerasi siswa sudah dilaksanakan, namun masih belum menghasilkan sesuai harapan. Salah satu strategi yang dilakukan untuk menjawab masalah di atas dapat dimulai dengan pertanyaan “Bagaimana Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak berbasis digital?. sekolah salah satu alternatif, melalui kegiatan yang dilakukan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) peningkatan budaya literasi numerasi anak melalui media belajar digital. Tempat PkM di Desa Daulu Kec. Berastagi Kab. Karo. PkM ini membuat kegiatan les untuk anak SDN 046411 Daulu untuk meningkatkan pengetahuan anak SD tentang literasi numerasi berbasis digital. Hasil PkM menunjukkan bahwa kegiatan les berdampak positif terhadap peningkatan literasi numerasi anak melalui media belajar digital di desa Daulu. Anak-anak desa Daulu mengalami peningkatan kemampuan membaca, memahami, serta menggunakan infornasi dari berbagai sumber. Adapun keterbatasan PkM ini hanya dilakukan selama sebulan sehingga kurang maksimal, diharapkan semoga program ini berkelanjutan dan dikembangkan oleh pemerintah desa.References
Anggraeni, Helena, dkk. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idrah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 8 Nomor 2.
Desi, Y. P. (2020). Gerakan literasi digital berbasis sekolah: Implementasi dan strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51-59.
Ekowati, Dyah, dkk. (2019). Literasi Numerisasi di SD Muhammadiyah. Elementary, School Education Journal.
Fuqoha, F., Anggraini, A. P., & Apipah, N. D. (2019). Peningkatan Digital Literasi Terhadap Ujaran Kebencian di Media Sosial Melalui Program “Room of Law” Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Serang. BANTENESE: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1).
Herawan, E. (2022). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 3, No. 1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi, Numerisasi. Jakarta: Gerakan Literasi Nasional.
Oktaviyani, E. D., Lestari, A., & Licantik, L. (2021). Membangun Literasi Digital Bagi Warga Desa Hurung, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49-59.
Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3).
ROSWITA, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Pkn Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Kelas XI (Studi Survey di SMA Bina Dharma 2 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Siregar, Y. A., Matondang, A. M., Ammy, P. M., Harahap, M. Y., Rossiah, R., Siregar, A. M., ... & Pohan, E. N. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Digital dan Peningkatan Self Efficacy Resiliensi Guru SD. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1248-1255.
Ulhusna, M., Dewimarni, S., & Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis DIgital pada Masa Pandemi. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 156-165.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mian Siahaan, Karlina Tampubolon, Nelva Sitepu, Sri Ertina Barus, Noferius Halawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.