PELATIHAN BRANDING PRODUK MINUMAN OLAHAN BERBAHAN DASAR BUNGA ROSELLA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI IBU-IBU ANGGOTA IKAMALRA DI SAMARINDA

Authors

  • Fabiola Bulimasena Luturmas Politeknik Negeri Samarinda
  • Rahmat Rahmat Politeknik Negeri Samarinda
  • Maulita Maulita Politeknik Negeri Samarinda
  • Indrawati Indrawati Politeknik Negeri Samarinda
  • Herdi Syam Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27028

Keywords:

Branding, Peningkatan Ekonomi, Rosella

Abstract

Pemberdayaan masyarakat khususnya perempuan dilakukan agar perempuan dapat memiliki usaha sendiri, dengan meningkatnkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki agar memiliki kebutuhan yang lebih baik.  Pengabdian masyarakat yang dilakukan saat ini merupakan rangkaian agar dapat meningkatkan kapasitas diri, meningkatkan kesehatan serta meningkatkan ekonomi Ibu-ibu rumah tangga, khususnya yang tergabung dalam komunitas Ikatan Keluarga Maluku Tenggara (IKAMALRA) di Samarinda. ,  Dalam pelatihan ini, dipilih bahan dasar Bunga Rosella sebab khasiatnya yang berguna bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan pengikat radikal bebas, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan adanya pelatihan ide bisnis yang dikembangkan dari minuman olahan berbahan dasar bunga rosella ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga.  Akan tetapi, tidak hanya melakukan penjualan saja juga melakukan branding yaitu strategi pemasaran untuk membuat logo, simbol, ciri khas yang membedakan produk yang dihasilkan dengan produk dari kompetitor.  Adapun hasil yang didapat dari kegiatan ini yaitu para peserta memperoleh manfaat berupa pengetahuan terkait pentingnya branding dalam melakukan pemasaran produk.

References

Aprianti, Y., & Yunita, M. (2023). Peran perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. In Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen (Vol. 20, Issue 1).

Dhiya Fauzan, R., Yulianto, A., Nur Usman, A., & Fauzi, A. (n.d.). Pemanfaatan Tanaman Rosella (Hibiscus sadbariffa L.) sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Desa Sumberdem, Wonosari, Malang (Vol. 10, Issue 1). https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar

Fauzi, U. I. (n.d.). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. In Youth & Islamic Economic Journal (Vol. 2).

Gustiarani, I. A., Triastuti, D. U. Y., Program, S., Kuliner, A., Kesejahteraan, S., Ibu, K., & Semarang, I. (n.d.). PEMANFAATAN BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA L) PADA PEMBUATAN PUDDING BAVAROIS SUKEDBULA (SUSU KEDELAI BUNGA ROSELLA). Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021(3), 238–246.

Luturmas, F. B., Adham, M., Syam, H., Program, ), Ketatalaksanaan, S., Niaga, P., Kepelabuhanan, D., Kemaritiman, J., Samarinda, P. N., & Teknika, S. (2023). EDUKASI DIGITAL MARKETING BAGI IBU DASAWISMA MARKISA KELURAHAN LEMPAKE SAMARINDA. Community Development Journal, 4(2), 5128–5132.

Sari, D. C., Wardhana, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., ... & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Luturmas, F. B. ., Rahmat, R., Maulita, M., Indrawati, I., & Syam, H. . (2024). PELATIHAN BRANDING PRODUK MINUMAN OLAHAN BERBAHAN DASAR BUNGA ROSELLA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI IBU-IBU ANGGOTA IKAMALRA DI SAMARINDA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3317–3321. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27028